KETUA POKDARKAMTIBMAS WAKATOBI: PARIWISATA MAJU HARUS DIDUKUNG KEBIJAKAN YANG TIDAK MELAHIRKAN BIBIT KONFLIK

196

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai salah satu daerah destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi faktor penting untuk dipikirkan seluruh komponen.

Hal itu disampaikan H Hamiruddin, saat dikukuhkan menjadi Ketua Organisasi Mitra Polri yakni Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kopdarkamtibmas) Bhayangkara Resor Wakatobi. Senin 9 Januari 2023 lalu.

H Hamiruddin, yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi. Dikukuhkan menjadi Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi. Melalui Surat Keputusan (SK) Kapolres Wakatobi Nomor: Kep/01/I/HUK.4.5/2023.

H Hamiruddin, berharap semua komponen baik itu instansi vertikal maupun pemerintah daerah untuk menempatkan poin keamanan dan ketertiban sebagai ruh dari setiap pengambilan kebijakan. Serta menghindari kebijakan yang bisa menjadi bibit konflik demi memajukan pariwisata Wakatobi.

Ketika berbicara pariwisata lanjut H Hamiruddin, maka poin ketiga awal dari Sapta Pesona Pariwisata yakni aman dan tertib. Sehingga mustahil berbicara pariwisata jika kondisi masyarakat yang tidak aman dan tidak tertib.

“Sebagai Ketua Kopdarkamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi. Izinkanlah saya mengingatkan kita semua bahwa satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari posisi Wakatobi sebagai daerah tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara adalah persoalan keamanan dan ketertiban,” ujar H Hamiruddin.

Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi itu mengakui jika pribadinya bukan seorang organisator seperti kebanyakan politisi pada umumnya. Namun demi kemajuan pariwisata Wakatobi, demi terwujudnya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat. Maka tetap bersedia menerima amanah itu.

“Bagaimanapun juga, sebagai salah satu pimpinan lembaga daerah. Saya merasa ikut bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di daerah ini. Atas dasar itulah dengan segala keterbatasan saya miliki, saya nyatakan siap mengemban amanah dengan baik di organisasi ini,” ungkap politisi Partai Golkar tersebut.

Dengan dikukuhkannya sebagai Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi. H Hamiruddin, meminta seluruh jajaran pengurus untuk bersama-sama ikut menyadarkan masyarakat, menjadikan siapapun yang berniat membuat gaduh daerah sebagai musuh bersama.

“Harapan kita semua, dengan terciptanya Kamtibmas maka niat kita untuk menjadikan Wakatobi menjadi maju, menjadi sentosa atau menjadi lebih baik kedepan dapat terwujud,” harapnya.

Dikatakannya, dalam kerangka keinginan melihat Wakatobi aman dan tertib. H Hamiruddin, mengatakan jajaran pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Wakatobi menyatakan siap untuk membantu Polres Wakatobi membangun situasi yang kondusif. Dengan membangun jejaring ditingkat kecamatan, desa hingga lingkungan.

“Sekaligus siap menjalin kemitraan dengan Babinkamtibmas dalam rangka menggalang masyarakat terlibat aktif menciptakan situasi aman dan tertib. Termasuk penyelesaian kasus yang memungkinkan diselesaikan dengan metode restorativ justice,” tutup H Hamiruddin. (Tribunbuton.com/adm)