KADES KAONGKE-ONGKEA KEMBANGKAN PRODUKSI TANAMAN KOPI

34

BUTON, TRIBUN BUTON (Ilwan)

Kepala Desa Kaongkeongkea, Kecematan Pasarwajo, Kabupaten Buton, kini tengah mengembangkan produksi tanaman kopi dengan mendatangkan bibit kopi unggul dari luar Daerah. Hal ini dilakukannya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakatnya melalui tanaman jangka panjang ini.

Kedes Kaongkeongkea, Hazirudi menjelaskan, bahwasanya sejauh ini produksi biji kopi Masih kurang baik. Maka dari itu ia tengah mempersiapkan bibit kopi yang unggul untuk meningkatkan produksi tanaman kopi yang unggul.

“sekarang ini kami lagi membutuhkan yang ahli produktif, harapnya bisa meningkatkan ekonomi masyrakat Desa Kaongkeongkea,”jelasnya.

salah satau petani kopi Jamaludin mengungkapkan, kopi kaongkeongkea memiliki cita rasa yang khas dan bisa disandingkan dengan kopi daerah lain. Hanya saja, kualitas kopi juga dipengaruhi oleh iklim, sehingga pasca panen jika tidak dikerjakan dengan baik maka rasa dari pada kopi akan kurang bagus.

“Tanaman kopi Kaongkeongkea diperlakukan secara baik oleh petani ditambah lagi posisi lahan tanah kurang lebih 314 meter dari permukaan laut,”kata Jamaludin. (#)

Komentar Anda