1.680 PESERTA PRAMUKA IKUT PERKEMAHAN DI BUTUR

136
Abu Hasan meninjau tempat perkemahan peserta pramuka

BURANGA, TRIBUNBUTON

Sebanyak 1.680 peserta Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak mengikuti perkemahan akbar dan latihan gabungan di Pelataran Islamic Center Buton Utara (Butur), Sabtu, 7 September 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Buton Utara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Butur Abu Hasan.

Bupati Butur, Abu Hasan dalam sambutanya mengatakan, insyaallah pada bulan Desember akan menyelenggarakan perkemahan esekustif tingkat Kabupaten Buton Utara.

“Natinya pembaca doa dari kepala dinas, penggerek bendera dari kepala dinas. Supaya kita lihat kepala dinas yang tidak bisa saat menjadi pelaku upacara,” ujarnya.

Abu Hasan menuturkan, organisasi pramuka merupakan organisasi terbesar di Indonesia, organisasi yang membina karakter secara langsung kepada anak-anak bangsa, secara berjenjang dari Siaga, Penggalang, dan Penegak.

Bupati Butur saat memimpin upacara parmuka. Foto : Deni Irawan/TRIBUNBUTON

Olehnya itu, kata Abu Hasan, menganjurkan untuk terus meningkatkan kompetensi ilmu, pengetahuan, pengalaman melalui pramuka. “Kita tidak boleh kehilangan momentum untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman. Kedepan hanya kita bisa jawab dengan memiliki banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman. Jangan lupa ilmu itu penting, pengetahuan itu penting, pengalaman itu penting, tapi yang lebih penting itu karakter dan integritas,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kwarcab Buton Utara, Jafaruddin saat ditemui awak media mengatakan, tujuan utama kegiatan untuk melatih fisik, mental, dan karakter. Kemudian katanya, selama kegiatan diberikan materi wawasan, keterampilan, pengetahuan umum dan juga pengetahuan khusus yang berkaitan dengan keahlian.

“Intinya tujuan jangka panjangnya mempersiapkan bekal pada generasi muda untuk mengisi pembangunan,” sebutnya.

Dia berharap, pramuka Kabupaten Buton Utara menjadi alternatif kaum muda menjadikan mereka berkarakter. “Yang terpenting itu mereka berkarakter, mereka selalu terdepan dan paling penting mereka mengisi job-job di daerah kita ini dengan hubunganya pembangunan,” tandasnya.

Komentar Anda