KUA Kokalukuna Dikukuhkan Sebagai KUA Teladan Tahun Ini

2143
Pembukaan acara Pengukuhan KUA teladan dan Halal Bihalal lingkup ASN Kemenag Baubau Tahun 2019. FOTO:TRIBUN BUTIN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H Rahman Ngkaali, kukuhkan KUA Teladan Tahun 2019 tingkat Kota Baubau. Kegiatan ini dirangkaikan dengan halal bihalal Keluarga Besar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementerian Agama Kota Baubau.

“Penilaiannya sudah terlaksana sejak bulan mei kemarin, tujuan kegiatan penilaian KUA teladan untuk mengdorong upaya peningkatan mutu layanan pada masyarakat secara komperensif dan berjenjang,” ujar H Rahman Ngkaali, dikutip dari Kontributor Berita Inmas Sultra, Yumardin Kedang.

Pengukuhan juara KUA teladan dan Halal bihalal ini diikuti ASN kemenag Baubau, Darmawanita persatuan, dan Guru Madrasah Se- Kota Baubau. Dasar kegiatan sesuai UU No. 1/1974, Kepres No. 102/2001, Instruksi Menteri Agama No. 1/2000 dan SK Kepala Kemenag Baubau.

Upaya untuk mewujudkan mutu layanan masyarakat terbaik dilakukan dengan memberikan motivasi melalui penilaian secara selektif. Bagi unit pelayanan masyarakat yang menunjukan kinerja terbaik dianugerahkan Citra Pelayanan Prima.

Dijelaskan, komponen penilaian KUA teladan tingkat Kota Baubau sesui Juknis. Yang dinilai adalah Implementasi Visi dan Misi Bimbingan Masyarakat Islam, standar biaya sesuai UU, sistem mekanisme diterapkan sesuai SOP, sumberdaya manusia yang mempraktekan kode etik pegawai dalam pelayanan pada pengguna layanan, kondisi sarana prasarana pengaduan layanan, penanganan pengaduan dan kurun waktu penyelesaian masalah, Sistem Informasi, target layanan, Indeks kepuasan masyarakat, Inovasi dan data.

Tahun ini KUA kokalukuna sebagai terbaik I. “Karena itu bersyukur Kantor Urusan Agama Kecamatan Kokalukuna telah dipercayakan oleh Kemenag baubau untuk mengikuti lomba kua teladan tingkat Propinsi sebagai perwakilan kemenag Baubau di tingkat Propinsi Sultra,” ujarnya.

Menurut dia, KUA teladan ini bukan hanya karena menajemen Kepala kua namun juga kerena keterlibatan ASN yang bertugas di Kua termasuk pengadministrasi, penghulu dan penyuluh. Hal ini diubgkapkan Kepala Kemenag Baubau usai menyerahkan Piala, Piagam dan Cendramata pada Terbaik I s.d. terbaik III dan harapan I s.d. juara harapan VI KUA teladan tingkat Kota Baubau.

KUA menjalankan Tupoksi Kemenag Kota di tingkat kecamatan. Maka bicara layanan administrasi termasuk Haji apalagi layanan pernikahan teman- teman KUA harus tahu.

“Karena itu mari kita dalami aturan- aturan kita sehingga kita bisa jalankan Tupoksi yang berlaku di lembaga kita,” tandasnya.

Dia meneknkan kepada aparat kemenag Baubau untuk tidak mengambil untung dari pelayanan. Dia berharap agar melakukan pelayanan dengan ikhlas sebagai amal.

Kepala KUA dalam menjalankan tugas dan fungsi atas nama Kemenag, maka dia bertanggung jawab melaporkan pada kepala Kemenag Baubau. Karena itu sekecil apapun kegiatan yang dilaksanakan di tingkat kecamatan agar dilaporkan, koordinasikan, Konsultasikan pada kepala Kantor Kementerian Agama kota Baubau. Soal halal bihalal ungkap H Rahman Ngkaali, momentum atau kesempatan yang secara formal kita lembagakan di Kemanag Baubau untuk bersilaturahmi dan memberi maaf diantara kita.

“Karena itu mari saling memaafkan dengan adab yang baik sesama manusia, dengan akhlak yang bagus,” katanya. Sebelumnya, acara diisi dengan pembawa Hikmah halal bihalal oleh Drs Sabir MPd, untuk juara KUA teladan tingkat Kota Baubau tahun ini terbaik I KUA Kecamatan Kokalukuna, terbaik dua dan seterusnya, KUA Bungi, KUA Wolio, KUA Murhum, KUA Betoambari, dan KUA Lea-lea.(#)