15 Kelompok Budidaya Rumput Laut Butur Dikukuhkan

251
Pengukuhan kelompok pembudidaya rumput laut. FOTO:DARMAWAN/TRIBUN BUTON
Sambutan Bupati Butur. FOTO:DARMAWAN/TRIBUN BUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON (Mawan)

Sebanyak 15 kelompok pembudidaya rumput laut se-Kabupaten Buton Utara (Butur) dikukuhkan dalam rapat koordinasi penyuluhan perikanan yang diselenggarakan di Aula Bappeda Butur, Selasa, 18 Juni 2019.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati Butur, Abu Hasan dan turut hadir Kadis Perikanan, LM Karya Jaya Hasan, Asiten II, Dr Budianti Kadidaa, staf ahli Pemda Butur, Masyida Arifin, sejumlah kepala OPD, Camat, lurah, kepala desa, kelompok petani rumput laut, masyarakat dan undangan lainnya.

Kelompok pembudidaya rumput laut yang dikukuhkan antara lain Paapa Jaya, Pasiea, Lagili, Sasara, Kulape, Panseitonga, Panseitonga II, Laanohiku, Pinao, Kaimate, Pasimarangka, Kobonenno, Pasiea II One mea, dan Limboa.

Artikel Menarik Lainnya :  POLISI DIMINTA SECARA TEGAS TUNTASKAN DUGAAN KORUPSI DI BUTUR

Dalam kesempatan itu, Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, pertemuan dengan kelompok pembudidaya rumput laut merupakan pertemuan pertama kalinya dilakukan. “Supaya saya tau masalah-masalah yang di hadapi oleh nelayan budidaya rumput laut, “katanya.

Dia menuturkan, pemerintah daerah akan berusaha semampunya untuk membantu para nelayan rumput laut. Keberadaan petani rumput laut hari ini menentukan bahwa dimasa akan datang yang menerima bantuan harus benar-benar tepat sasaran.

“Harus benar-benar petani rumput laut. Saya minta kepala dinas perikanan harus bebasis data permanen agar tidak bisa lagi dibohongi. Kalau tidak ada namaya dalam basis data permanen, kalu ada bantuan diprioritaskan dalam kelompok, “ujar Abu Hasan dalam sambutanya.

Artikel Menarik Lainnya :  KAPAL IKAN KONSEL MERESAHKAN DI DESA BANU-BANUA

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, LM Karya Jaya Hasan dalam sambutanya mengungkapkan, rumput laut merupakan salah satu komonditas unggulan Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara sebagai mana kebijakan Bupati Butur dengan ini maka harapan besar untuk mendapatkan alokasi anggaran yang memadai hingga mampu menyejahterakan pembudidaya rumput laut.

“Keberpihakan kebijakan anggaran Pemda Butur dalam rangka mendukung produksi dan produktifitas rumput laut unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat, “tandasnya. (#)

Komentar Anda