ALUMNI 2009 SMAN SEPULAU TOMIA GANDENG TENAGA MEDIS GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS

1776

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Alumni siswa-siswi SMA tahun 2009 di pulau Tomia Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra). Menggandeng salah seorang dokter guna memeriksakan kesehatan masyarakat secara gratis.

Pemeriksaan dan konsultasi kesehatan masyarakat gratis yang mendapat animo masyarakat pulau Tomia itu. Sebagai rangkaian kegiatan Reuni Akbar Alumni 2009 siswa-siswi SMAN di pulau Tomia usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024M beberapa waktu lalu.

Koordinator Pemeriksaan dan Konsultasi Kesehatan Gratis, Mardin, menjelaskan kegiatan bakti sosial kesehatan tersebut. Diikuti alumni SMA di pulau Tomia, baik yang menamatkan pendidikannya di SMA pulau Tomia maupun di luar daerah. Bertemakan Promotif dan Preventif, dengan tujuan untuk kebaikan kualitas kesehatan masyarakat pulau Tomia.

Pemeriksaan kesehatan gratis itu meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah serta konsultasi gratis langsung dengan dokter.

“Kegiatan ini direalisasikan sebagai bentuk kepedulian pemuda-pemudi Alumni 2009 SMAN se- Tomia. Dimana melihat kondisi kepedulian masyarakat akan kesehatan sangat minim. Ditambah kurangnya pelayanan kesehatan yang prima di wilayah Tomia. Semoga dengan ini bisa menjadi perhatian serius pemerintah setempat terutama faskes tingkat 1 (satu) untuk lebih menerapkan prinsip promotif dan preventif pelayanan kesehatan,” ujar Mardin, Rabu 24 April 2024.

Menurut Mardin, animo masyarakat pulau Tomia dalam menghadiri kegiatan yang dipusatkan di Aula Kecamatan Tomia Timur itu diluar ekspektasi.

“Kurang lebih sekitar 100 warga menyempatkan hadir untuk memeriksakan kesehatan. Bahkan beberapa warga yang tidak bisa hadir karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan diperiksa secara door to door alias disambangi di kediamannya masing-masing,” ucap Mardin.

Sementara itu dr Ferianis, yang terlibat langsung di kegiatan itu mengaku bersyukur karena telah ikut andil dalam kegiatan tersebut. Dokter yang berasal dari Provinsi Lampung itu berharap kegiatan sosial seperti itu terus berlanjut.

“Saya pribadi sebagai tenaga medis sangat bangga ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan alumni 2009 SMAN di pulau Tomia. Saya berharap kegiatan seperti ini tetap berlanjut. Ini berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat Tomia. Dengan kegiatan ini dapat kita lihat partisipan juga dapat mengetahui penyakit mereka,” terangnya.

Lisnawati, salah seorang warga Patipelong yang hadir dalam kegiatan itu mengaku bersyukur atas kegiatan yang dilakukan alumni 2009 SMAN di pulau Tomia. “Karena lumayan susah cari petugas kesehatan untuk periksa kolesterol, gula darah, asam urat dan lainnya. Jadi kalau bisa sering-sering buat kegiatan seperti ini,” harapnya.

Untuk diketahui, selain masyarakat biasa. Beberapa masyarakat berlatar belakang ASN seperti guru dan pegawai lingkup Kantor Kecamatan Tomia Timur ikut juga menghadiri acara ini. Banyak diantara mereka yang memberi apresiasi kepada panitia karena telah menghelat kegiatan yang dinilai sangat bermanfaat ini. (Tribunbuton.com/adm)