MASYARAKAT NELAYAN DI KABUPATEN MUNA DUKUNG HUGUA JADI GUBERNUR SULTRA 2024-2029

2135

MUNA, TRIBUNBUTON.COM – Dukungan masyarakat arus bawah untuk Ir Hugua maju sebagai calon Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada Pilkada serentak 27 November 2024 terus mengalir.

Jika sebelumnya Emak-Emak di Kabupaten Konawe deklarasi mendukung pencalonan Ir Hugua di Pilgub Sultra 2024. Kali ini dukungan akar rumput datang dari masyarakat nelayan di Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna Sultra.

Abdul Aziz, koordinator masyarakat Nelayan Kecamatan Maligano mengungkapkan beberapa waktu belakangan. Dirinya melakukan diskusi dengan nelayan-nelayan di Maligano terkait dengan sosok calon Gubernur Sultra yang akan didukung. Dari banyaknya tokoh Sultra, alhasil mayoritas sangat menyukai latar belakang dan rekam jejak Ir Hugua.

“Menurut kami, Pak Hugua adalah sosok pemimpin yang paling dekat dengan para nelayan. Beliau berpengalaman memimpin Wakatobi yang mayoritas penduduknya adalah nelayan di pesisir. Dulu waktu Pak Hugua menjadi Bupati Wakatobi, kami mendengar cerita dari keluarga disana bahwa harga ikan sangat bagus karena banyak turis luar negeri yang membelinya. Begitu juga bantuan alat tangkap ikan diberikan pemerintah. Lalu diberikan pelatihan bagaimana terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh nelayan, jadi kondisi laut tetap asri dan tidak tercemar,” kata Abdul Aziz. Senin 1 April 2024.

Abdul Aziz, juga mengatakan Hugua melalui Yayasan Sintesa bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Sultra melalui proyek Rehabilitasi Mangrove bantuan Asian Development Bank. Telah melakukan pendampingan pemberdayaan nelayan di kawasan bakau di Muna dan Muna barat sekitar 18 tahun lalu.

“Melalui Sintesa juga, Hugua telah membantu pengadaan Air Bersih di sekitar komunitas Bajo dengan pengadaan perahu pengangkutan air ke desa-desa Bajo di kepulaun Kecamatan Tiworo Kepulauan saat itu. Disamping itu juga Sintesa juga membangun Air bersih dan bantuan jamban keluarga dibeberapa desa di Maligano Muna Timur sekitar 13 tahun lalu,” ungkap Abdul Aziz.

Abdul Aziz menambahkan, kesuksesan Hugua memimpin Wakatobi, sudah menjadi tugas bersama untuk saling bahu membahu menjaga keanekaragaman ikan khususnya pada ekosistem laut. Agar tetap terjaga dan dinikmati oleh para nelayan hingga kapanpun. Sebab jika air laut tercermar maka nelayan kehilangan mata pencarian.

Abdul Aziz pun berharap Hugua bisa terpilih menjadi Gubernur Sultra di 2024. Dengan begitu, nelayan di Sultra bisa semakin makmur dengan program dibuatnya.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kami akan menyampaikan kepada para nelayan di sini agar bisa mengetahui kepemimpinan bapak Hugua. Karena beliau sangat peduli terhadap nelayan yang ada di Sultra,” tutupnya. (Tribunbuton.com/adm)