EMAK-EMAK DI KONAWE DUKUNG HUGUA JADI GUBERNUR SULTRA 2024

2223

KONAWE, TRIBUNBUTON.COM – Sejumlah Emak-Emak di Kawasan Binaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SINTESA di Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan dukungannya terhadap Ir Hugua. Sebagai Calon Gubernur Sultra 2024.

Sejumlah emak-emak itu menyampaikan harapan dan rasa optimisme jika figur Ir Hugua, jika menjadi Gubernur Sultra dapat memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat Sultra.

“Harapan kami, Pak Hugua menjadi Gubernur Sultra 2024-2029. Kita sangat berharap semoga dipimpin beliau daerah ini lebih makmur dan sejahtera di bidang apa pun,” kata Suhartini, mewakili emak-emak tersebut, Senin 1 April 2024.

Suhartini, mengatakan jika emak-emak yang hadir pada kegiatan itu sebagian besar merupakan pelaku UMKM. Dan mayoritas mengaku menaruh harapan agar emak-emak diberikan perhatian berupa pelatihan maupun bantuan modal usaha.

“Kami yakin jika Pak Hugua Gubernur Sultra, maka UMKM akan berkembang pesat. Sebab tahun 2003 atau sekitar 20 tahun lalu melalui Yayasan Sintesa, Pak Hugua sudah hadir di Pondidaha dengan membangun Sekolah Pertanian berkelanjutan diatas lahan 30 Ha dan tiga buah bangunan permanen untuk memberikan pelatihan bagi emak-emak dan petani secara umum,”

“Pelatihan dimaksud adalah pembuatan tungku arang dan introduksi Jagung Hibrida, yang saat ini berkembang menjadi PJR. Itu cikal bakalnya adalah dari Pak Hugua dulu,” ungkap Suhartini.

Hal senada juga disampaikan Irma Jayanti. Ibu Rumah Tangga (IRT) mengatakan sangat berharap emak-emak diberikan perhatian berupa pelatihan maupun bantuan modal usaha. Sejak 2003, Sintesa mengembangkan Program Bantesa yaitu suatu replikasi Gramin Bank meliputi Seluruh desa di Kecamatan Pindidaha dan desa desa pada kecamatan disekitarnya sebagai hasil gulirannya.

Program tersebut lanjutnya, atas dukungan dari JICA Jepang dan Komite Arzte Fur Die Drite Welt German. Sekolah tersebut semakin maju hingga sekarang dan menjadi tempat studi banding dan peraktek Mahasiswa, khususnya Fakultas Pertanian UHO dan Unsultra.

“Saya berharap ditingkatkan lagi dari dinas untuk pelatihan dan untuk ditingkatkan permodalan entah dari daerah ataupun swasta. Hugua memang jago lobi baik dalam dan luar negeri” ujar Irma sambil tersenyum tipis.

Irma, juga menekankan agar Ir Hugua saat menjadi Gubernur nanti dapat menghadirkan banyak lapangan pekerjaan bagi anak-anak mereka.

Untuk diketahui, kegiatan LSM Sintesa di Kabupaten Konawe tidak hanya disekitar pengembangan ekonomi masyarakat tapi juga program air bersih dan jamban sehat keluarga yang yang mencakup puluhan desa di Sonai Kecamatan Puriala.

Disamping itu juga pada desa desa yang sama adalah juga memberikan bantuan sapi bagi masyarakat, semua program tersebut masih dinikmati masyarakat hingga sekarang. (Tribunbuton.com/adm)