PJ GUBERNUR SULTRA TARGET DONGKRAK PENILAIAN SISTIM MERIT ASN UNTUK SELEKSI 47 JPTP

185

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Pj Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, menargetkan peningkatan kategori penilaian sistem merit ASN di lingkup Pemprov Sultra menjadi sangat baik.

Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo Sultra. Peningkatan sistim merit ASN itu diantaranya diberlakukan melalui seleksi 47 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Pemerintah Provinsi Sultra.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Drs H Asrun Lio, mengungkapkan sejak dilantik akhir September 2023 lalu. Andap Budhi Revianto, mengubah sistem merit ASN Provinsi Sultra dari Kategori Kurang menjadi Baik. Dan kini satu langkah lagi menuju Sangat Baik.

Hal tersebut tidak sulit bagi Andap Budhi Revianto. Karena beliau merupakan Sekjen Kemenkumham RI, dimana telah menjadikan sistem merit pada Kemenkumhan RI berada pada kategori Sangat baik.

Target peningkatan kategori tersebut bukan hanya sekedar meraih penilaian terbaik saja. Namun terpenting mewujudkan tujuan dari sistem merit ASN itu sendiri. Diantaranya adanya kepastian dan melindungi karier ASN, mengelola ASN secara efektif dan efisien, hingga reward sesuai kinerja bagi ASN.

“Pemprov Sultra akan menindaklanjuti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara, untuk melakukan uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi dalam rangka rotasi atau mutasi Pejabat Pimpian Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sutra,” ungkap Sekda Sultra, Minggu 32 Maret 2024.

Uji Kesesuaian Kualifikasi dan Kompetensi tersebut lanjut Asrun Lio, akan berlangsung Senin – Selasa (1-2/4/2024), mulai pukul 08.00 wita hingga selesai, bertempat di Kota Kendari.

“Undangan uji Kesesuaian Kualifikasi dan Kompetensi ini telah dilayangkan kepada para peserta Job Fit, termasuk dengan dokumen-dokumen kepegawaian yang dibutuhkan,” ucap Sekda Sultra.

Jenderal ASN Provinsi Sultra ini mengatakan, terkait upaya peningkatan sistem merit ASN tersebut khususnya untuk Job Fit 47 JPTP lingkup Pemprov Sultra. Telah dilakukan langkah-langkah sebelumnya, mulai dari Rapat Pansel dan Koordinasi dengan Pejabat Pembina Kepegawaian, dalam hal ini Pj Gubernur Sultra.

Selanjutnya, pemanggilan para peserta Uji Kesesuaian Kualifikasi dan kompetensi sekaligus penyampaian makalah terkait tugas pokok dan fungsi masing masing perangkat daerah serta dokumen administrasi kepegawaian.

H Asrun Lio, menambahkan terdapat beberapa kelompok dalam Job Fit yang akan berlangsung sejak Tanggal 1 hingga 2 April 2024. Diantaranya JPT Pratama yang rotasi atau mutasi dari instansi lainnya ke Provinsi Sultra. Kemudian Pejabat administrator yang telah mengikuti seleksi terbuka dan masuk tiga besar tetapi tidak dipilih, lalu dipromosi ke jabatan eselon II lainnya tanpa seleksi ulang dan koordinasi KASN. (Tribunbuton.com/adm)