PJ WALI KOTA BAUBAU TEGASKAN GENERASI MUDA HARUS MILIKI DAYA ADAPTASI TINGGI

561

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si, mengungkapkan membangun generasi muda dan sumber daya manusia. Bukannya hanya mempersiapkan orang-orang pintar, anak-anak yang tinggi besar dan kuat.

Akan tetapi dalam mempersiapkan generasi manusia untuk 20, 50 bahkan 100 tahun ke depan membutuhkan generasi yang memiliki daya adaptasi tertinggi. Hal itu diungkapkannya saat membuka lomba kreasi baris berbaris Wali Kota Cup I tingkat Kota Baubau. Bertempat di Lippo Plaza Baubau Rabu 21 Februari 2024.

Daya adaptasi lanjut Pj Wali Kota Baubau, bisa dibentuk dari kebiasaan dalam keseharian yang dilaksanakan. Misalnya baris-berbaris paling tidak ada beberapa hal yang akan memperkuat seorang generasi kedepan.

“Yakni, kemampuan dalam mengendalikan diri. Karena dalam baris berbaris itu meskipun dia tinggi besar dan bagus gerakannya, namun jika hanya tampil sendiri akan merusak barisannya. Jadi pointnya adalah kita jangan berlebih atau kurang tetapi kita harus selaras dengan anggota kita yang lain,”

“Kedua, baris berbaris akan menumbuhkan rasa percaya diri. Sebab, baris berbaris akan membentuk kepercayaan diri seorang generasi. Dan yang terakhir, baris-berbaris juga akan menumbuhkan kemampuan generasi untuk melakukan kerja sama membangun sebuah tim yang kuat,” ucap PJ Wali Kota Baubau.

Menurutnya, tim akan kuat terletak pada anggota tim yang terlemah. Anggota tim yang terlemah itu yakni anggota tim yang tidak disiplin, yang tidak bisa beradaptasi atau anggota tim yang egois.

Dr Muh Rasman, pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada panitia Purna Paskibraka yang sudah menginisiasi acara guna menyiapkan generasi. “Inilah kesempatan buat anak-anak untuk membangun kemampuan dirinya, membangun kompetensi dan kapabilitas dirinya dalam menyongsong cita-citanya yang lebih baik kedepan,” tambahnya.

Untuk diketahui, lomba kreasi baris berbaris (LKBB) Wali Kota Cup 1 tingkat Kota Baubau diikuti peserta sejumlah siswa dari jenjang SD hingga SMA. (Tribunbuton.com/adm)