PEMKAB BUTUR REVIEW DOKUMEN RISPAM

457

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Hardhy Muslim MSi, membuka seminar akhir Review Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) Kabupaten Butur Tahun 2023. Bertempat di aula Hotel Saraea Kulisusu, Selasa 28 November 2023.

Review ini prakarsai Dinas Pekwrjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Butur itu. Untuk penyesuaian kondisi kekinian dan updating data akses air minum aman dan layak di seluruh wilayah Kabupaten Buton Utara tahun 2023 – 2035.

Muhammad Hardhy Muslim, mengungkapkan betapa pentingnya review dokumen RISPAM guna mendukung pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Buton Utara.

Menurutnya, untuk pemuktahiran dokumen RISPAM. Beberapa program yang telah tersusun perlu dievaluasi kembali disesuaikan dengan kondisi yang ada. Baik dari aspek pembiayaan, regulasi maupun kelembagaan.

“Dalam sistem otonomi daerah, Pemda bertanggung jawab penuh terhadap pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat, termasuk pelayanan air minum,” ungkap Sekda Butur.

Dikatakannya, guna mendukung pemenuhan target dalam pencapaian kebutuhan air minum bagi masyarakat. Melalui program Air Minum Aman dan Berkelanjutan, maka dokumen RISPAM menjadi acuan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam upaya pengelolaan air minum.

Untuk diketahui, RISPAM merupakan rencana pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) secara umum. Baik sistem dengan jaringan perpipaan maupun bukan jaringan perpipaan. Serta menjadi pedoman bagi penyelenggara dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengembangkan SPAM di daerah

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksanaan BPBD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Dantaranya Bappeda, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), DPMD, serta Kepala UPTD SPAM Butur. (Tribunbuton.com/Asm)