PESAN PJ GUBERNUR SULTRA SAAT MEMBUKA WAKATOBI WAVE 2023

698

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – PJ Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, membuka kegiatan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2023. Bertempat di pelataran Marina Togo Mowondu Kecamatan Wangiwangi, Sabtu 4 November 2023.

Andap Budhi Revianto, mengapresiasi event tahunan yang menampilkan keluhuran dan kekayaan budaya dan adat istiadat Wakatobi sebagai daerah pariwisata.

Andap Budhi Revianto, mengatakan kebudayaan merupakan potensi yang baik jika dikelola dengan tepat sehingga menjadi kekuatan ekonomi. Begitu pula kebudayaan sebagai salah satu identitas daerah yang harus dikembangkan disetiap sumberdaya manusianya.

“Kebudayaan merupakan potensi yang dapat menjadi kekuatan ekonomi dan menciptakan perubahan,” ujar PJ Gubernur Sultra.

Bupati Wakatobi, H Haliana, mengungkapkan Wakatobi Wave telah berjalan sembilan tahun sebagai Event Pariwisata Nasional yakni, enam tahun dalam Calender of Event dan tiga tahun terakhir dalam Kharisma Event Nusantara.

“Tahun ini merupakan kali ketiga festival Wakatobi Wave ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) masuk dalam kalender event nasional yang Karisma Event Nusantara (KEN),” tutur Haliana.

Kata Bupati Wakatobi, pelaksanaan Wakatobi Wave tahun 2023 mengusung tema Pasi Kamba Harmoni Dalam Kesentosaan. Yakni Meraih Keberuntungan Dalam Bingkai Harmoni Kesentosaan.

Tema itu lanjut Haliana, menunjukkan semangat, nilai dan harapan besar dari para insan pariwisata. Agar senantiasa dinaungi keberuntungan dan kemudahan langkah dalam upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Kabupaten Wakatobi.

H Haliana, juga menyampaikan setelah perhelatan Wakatobi Wave 2023. Bukan November – Desember mendatang, Wakatobi akan kembali diramaikan dengan dua event nasional yang dijadwalkan menjadi tuan rumah Festival Blue Food Forum dan Festival Kerajaan Adat Nusantara.

“Wakatobi yang berlabel daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN di Sultra, mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dua event bergengsi tersebut,” jelasnya.

Blue Food forum akan diselenggarakan oleh Bappenas bekerjsama dengan Food And Agriculture Organicatioan (FAO), 18-21 November 2023.

“Insya Allah tanggal 11 hingga 15 November 2023 ini kami akan menghadiri meetingnya di Sabah, Malasya,” ujar Haliana.

Perayaan Festival Kerajaan Adat Nusantara 2023, kata Haliana, rencananya akan dihadiri 100 raja se-Nusantara, bersama permaisyuri-nya, di tanggal 8 hingga 11 Desember 2023.

Untuk diketahui, pembukaan Wakatobi Wave 2023 menyuguhkan sejumlah atraksi budaya mulai dari karnaval budaya maritim hingga tari kolosal yang menggambarkan kebudayaan dari empat pulau di Wakatobi yakni Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko. (Tribunbuton.com/La Ode)