HUGUA BERIKAN KULIAH INSPIRASI DI KAMPUS POLITEKNIK BAUBAU

768

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Anggota DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir Hugua, memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik Kota Baubau. Sabtu 4 November 2023.

Dihadapan ratusan mahasiswa kesehatan, Hugua, memberikan inspirasi dan teknik manajerial menyongsong Indonesia emas 2045. Serta solusi kemungkinan yang akan terjadi berupa tantangannya.

Sebagai narasumber tunggal dalam kuliah umum tersebut. Hugua, mengangkat tema, Ekonomi Kerakyatan Yang Berkeadilan. Dimana dalam tahapannya tentu generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan sangat penting memiliki karakter.

“Saudara-saudaraku sekalian, untuk menjadi seorang pemimpin membangun sebuah peradaban. Harus memiliki karakter. Apa itu karakter, karakter yakni sebuah cara pandang positif. Di dalamnya termasuk saling menghargai dan memahami budaya dan adat istiadat,” ujar Hugua.

Jika sudah memiliki karakter yang kuat lanjut Hugua. Jalan menuju kesuksesan terbuka lebar, namun tentunya harus disertai dengan kekayaan lain berupa tehnik pemecahan atau solusi.

“Kunci kesuksesan itu ada dua macam. Terdiri dari Kejiwaan 80 persen dan tehnik 20 persen,” ungkap Hugua.

Generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan menuju Indonesia emas 2045. Politisi PDI-P itu memberikan gambaran terkait tantangan kedepan. Dan tantangan tersebut membutuhkan skill mumpuni.

“Tantangan kedepan antara lain ketidak pastian situasi global, konflik geopolitik, kepentingan pangan dan energi, tekanan moneter global serta degradasi lingkungan,” ucap mantan Bupati Wakatobi dua periode itu.

Hugua, pada kesempatan itu pula mengajak ratusan mahasiswa Politeknik Baubau agar optimis untuk meraih cita-cita. Dan tidak berpikir latar belakang keluarga. Menurutnya, kesuksesan bukan karena latar belakang keluarga namun tergantung karakter, cara berpikir dan manajerial meraih mimpi.

Diakhir kegiatan, Hugua, melakukan diskusi tanya jawab serta memberikan referensi manajerial untuk meraih sebuah cita-cita kepada sejumlah mahasiswa.

Direktur Politeknik Baubau, Asriadi MKes, memberi apresiasi dan ucapan terimakasih atas kehadiran Ir Hugua di Kampus Politeknik Baubau. Pasalnya, kehadiran senator Senayan di Kampus Politeknik membuat suasana menjadi lebih akrab.

“Kehadiran Pak Hugua di Politeknik Baubau membuat suasana tidak seperti biasanya. Mahasiswa terlihat lebih semangat dan termotivasi. Sungguh luar biasa Pak Hugua membakar semangat anak-anak,” pungkas Direktur Politeknik Baubau. (Tribunbuton.com/adm)