Rasman: Perlu Inovasi dan Percepatan Elektronifikasi Transaksi Pajak dan Retribusi

460
Rapat koordinasi nasonal P2DD, dihadiri kementerian, gubernur, dan bupati/wali kota se-Indonesia. Foto: Diskominfo Baubau / tribunbuton.com

JAKARTA, TRIBUNBUTON.COM – Pj Wali Kota Baubau, Dr Rasman Manafi SP MSi, menghadiri kegiatan implementasi kebijakan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, Selasa 03 Oktober 2023. Kegiatan ini dihadiri jajaran menteri, gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Rasman Manafi melalui rilis yang disampaikan Dinas Kominfo (Diskominfo) Kota Baubau, menjelaskan penguatan P2DD menjadi salah satu acuan kebijakan penting untuk tata kelola keuangan yang disinergikan dalam pembangunan daerah Kota Baubau yang dilakukan melalui digitalisasi transaksi daerah. Penguatan kebijakan P2DD wajib segera diterjemahkan Pemerintah Kota dan dilaksanakan oleh semua OPD Kota Baubau.

“Perlu terus adanya inovasi dan percepatan elektronifikasi transaksi (pajak dan retribusi),” tegas Pj Walikota Dr Rasman Manafi.

Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional P2DD Tahun 2023 yang dibacakan Wapres Ma,ruf Amin, mengatakan di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian, indikator ekonomi nasional masih menunjukkan prospek yang baik. Perekonomian nasional tumbuh diatas lima persen selama tujuh kwartal berturut-turut. Pada triwulan kedua tahun 2023 mencapai 5,17 persen year on year.

“Dalam menjaga momentum menuju Indonesia maju, kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 6 sampai 7 persen. Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut adalah melalui penguatan teknologi digital,” jelasnya.

Presiden mengharapkan peran aktif kepala daerah selaku ketua tim P2DD. Inovasi transaksi keuangan daerah berbasis digital diyakini berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah, transparansi, akuntabilitas pengeluaran keuangan daerah serta pelayanan publik.(adm)