DUA KALI GELAR UKW, PWI BAUBAU RAIH HASIL 100 PERSEN

396

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Sebanyak 18 wartawan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan kompeten di masing-masing tingkatannya.

Hal itu terlihat dari hasil akhir Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XI yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Baubau. Selasa 15 Agustus 2023.

UKW yang berlangsung selama dua hari, 14 – 15 Agustus 2023 tersebut. Diikuti sebanyak 18 wartawan yang terdiri dari tingkatan muda, madya dan utama. Masing-masing tingkatan diikuti 6 wartawan.

Dalam pelaksanaan UKW itu, PWI Kota Baubau menghadirkan penguji dari PWI Pusat. Dan Alhasil, sukses menelorkan 18 wartawan berkompeten seperti halnya yang telah dilakukan PWI Kota Baubau sebelumnya 2017.

Kesuksesan PWI Kota Baubau menyelenggarakan UKW Angkatan XI dan meraih hasil maksimal seperti tahun 2017 itu mendapat apresiasi Ketua PWI Sultra, Sarjono.

Pria yang akrab disapa Kopral Jono itu mengakui jika kelulusan 100 persen dalam dua kali penyelenggaraan UKW di Kota Baubau. Berkat keberkahan tanah Wolio dan adanya kegiatan simulasi atau pra UKW.

“Kalau kita di Buton ini, kelulusan 100 persen dalam dua kali UKW mungkin karena Kabarakatina Tana Wolio (Berkah Tanah Buton),” ucap Sarjono, dalam sambutan penutupan kegiatan itu.

Sementara itu Ketua PWI Kota Baubau dua periode, La Ode Aswarlin, mengatakan kegiatan UKW merupakan sebuah proses menegangkan. Namun karena itu adalah kegiatan yang telah dilakukan setiap saat. Maka sangat pantas meraih hasil maksimal dengan kelulusan 100 persen.

Pada kesempatan itu, Aswar sapaan akrab La Ode Aswarlin menitip pesan untuk wartawan yang telah dinyatakan kompeten agar senantiasa bekerja profesional di lapangan sesuai pesan penguji.

“Teman-teman jurnalis yang dinyatakan telah kompeten agar menerapkan pesan penguji. Untuk menjalankan pedoman kerja UU Pers, Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan Pedoman Peliputan Ramah Anak (PPRA) secara profesional,” pesan La Ode Aswarlin.

Reva Riana, salah seorang penguji dari PWI Pusat memberikan apresiasi terhadap peserta UKW berkompeten dan tentunya PWI Kota Baubau dalam menyelenggarakan kegiatan UKW.

Menurut Reva Riana, hingga angkatan XI penyelenggaraan UKW. Jarang ditemukan penyelenggaraan UKW dengan hasil 100 persen kompeten. Hal ini menandakan wartawan-wartawan di Kota Baubau telah memiliki kualitas standar.

“UKW Angkatan XI di Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan di Kota Baubau menghasilkan wartawan luar biasa karena semua dinyatakan kompeten. Ini sangat luar biasa karena kelulusan 100 persen dalam setiap UKW jarang terjadi,” kata Reva Riana, dalam sambutannya menutup kegiatan tersebut. (Tribunbuton.com/adm)