BUPATI DAN WAKIL BUPATI WAKATOBI BERGANTIAN JADI INSPEKTUR UPACARA HUT RI KE-78

757
Nampak Bupati Wakatobi, H Haliana, saat dibopong dari mimbar utama oleh ajudannya. Foto: Int

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Haliana – Ilmiati Daud, bergantian menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI Ke-78. Kamis 17 Agustus 2023.

Hal itu terlihat dari video berdurasi 52 detik yang beredar luas dibeberapa aplikasi sosial media seperti (WhatsApp) beberapa saat usai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Wakatobi.

Dari video berdurasi 52 detik yang beredar tersebut. Nampak Bupati Wakatobi, H Haliana, yang sedang berdiri di mimbar utama dibopong ke kursi tempat duduknya oleh seorang pria yang belakangan diketahui jika itu ajudannya.

Setelah Bupati Wakatobi duduk di tempat duduk berderet dengan perwakilan anggota Forkopimda. Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, dengan sigap dan gerakan cepat maju ke mimbar utama mengambil alih tugas sebagai inspektur upacara.

Dikutip dari sejumlah media online yang melakukan peliputan upacara peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Wakatobi. Dijelaskan jika Bupati Wakatobi nyaris pingsan saat upacara sedang berjalan. Dan kejadian itu berulang sebanyak dua kali.

Kejadian pertama saat Bupati Wakatobi, H Haliana usai menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki. Disitulah terlihat mulai oleng dan ajudannya segera melakukan pertolongan sesuai protap hingga ke tempat duduk (kursi).

Dengan kejadian itu, Inspektur upacara langsung diambil alih Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud. Namun beberapa menit kemudian, kondisi H Haliana mulai membaik. Sehingga terjadi lagi pergantian inspektur upacara dari Wakil Bupati ke Bupati Wakatobi.

Setelah beberapa menit kembali menjadi inspektur upacara tepat persiapan pengibaran bendera merah putih. Bupati Wakatobi kembali terlihat nyaris pingsan di mimbar utama. Dan lagi-lagi, ajudannya segera melakukan tindakan penyelematan.

Setelah Bupati Wakatobi mengalami dua kali kejadian nyaris pingsan. Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, untuk kedua kalinya maju kedepan melanjutkan tugas Bupati Wakatobi sebagai inspektur upacara hingga usai.

“Pak Bupati kurang sehat, mungkin karena padatnya kegiatan menjelang 17 Agustus ini,” ujar Ilmiati Daud, singkat kepada sejumlah awak media. (Tribunbuton.com/adm)