KETUA DEWAN PERS RESMI MEMBUKA KEGIATAN UKW DI SULTRA

267

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu, resmi membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumat 11 Agustus 2023.

Ninik Rahayu, dalam sambutannya mengatakan keikutsertaan sejumlah wartawan peserta UKW menandakan ada keinginan untuk meningkatkan kualitas profesi sehingga bisa berkontribusi terhadap demokrasi.

“Bagi wartawan atau jurnalis yang menginginkan kompetensinya ditingkatkan, itu artinya saudara-saudara sudah ingin berkontribusi pada demokrasi,” kata Ninik Rahayu.

Dikatakannya, dalam setiap membawakan sambutan baik itu kegiatan pra UKW maupun uji kompetensi. Selalu mengingatkan wartawan peserta UKW terkait pentingnya mengikuti kegiatan dimaksud.

“Hal ini sebagai proses penting untuk wartawan. Kita ingin memberikan penghargaan pada profesi ini. Profesi wartawan yang bisa menjaga martabatnya adalah wartawan itu sendiri,” ujar Ninik Rahayu.

Menurutnya, profesi wartawan adalah profesi terbuka. Siapapun bisa menjadi wartawan. Maka melalui UKW, diharapkan bisa menjadi sarana menjaga martabat profesi wartawan.

Dewan Pers bersama 11 konstituen, 4 organisasi wartawan dan 7 asosiasi perusahaan pers harus membuat pagar. Pagar itu bertujuan menjaga agar profesi wartawan bekerja berdasarkan prinsip-prinsip kode etik jurnalistik, kode etik keberagaman, kode etik yang dikeluarkan sebagai panduan kerja wartawan.

“Untuk memastikan informasi yang disajikan akurat, kebutuhan publik bukan mobilisasi publik, informasi yang berimbang dan tidak memecah belah kebhinekaan. Banyak yang mengaku wartawan tapi kemudian kerjanya memporak-porandakan demokrasi, bahkan upaya kita menuju visi 2045 potensial gagal,” pungkasnya. (Tribunbuton.com/adm)