SATU ABK KAPAL NELAYAN DI KENDARI DILAPORKAN HILANG

383

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pencarian terhadap salah seorang Anak Buah Kapal (ABK) kapal yang diduga terjatuh ke laut. Disekitar perairan Pulau Menui Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.

Press release Basarnas Kendari dikatakan jika proses pencarian itu atas dasar laporan warga yang juga keluarga korban. Melaporkan ke Kantor Basarnas Kendari, Jumat 26 Mei 2023. Sekitar pukul 05.55 wita.

“Pukul 05.55 Wita, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Bpk Novri (Anggota Brimob Polda Sultra/Keluarga korban). Melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal MOB yakni satu orang ABK Kapal KM Riska Hidayah 03. Diduga terjatuh dari kapal disekitar Perairan Pulau Menui Morowali Sulawesi Tengah,” tulis Basarnas Kendari dalam rilisnya. Jumat 26 Mei 2023.

Berdasarkan laporan tersebut diatas, pukul 06.15 Wita. Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan menuju perkiraan LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Dengan jarak tempuh perkiraan LKP dengan Dermaga Basarnas Kendari sekitar 84 NM.

Adapun korban yang diduga terjatuh dari atas kapal tersebut yakni Harianto (43). Warga Kota Kendari.

Dalam press release itu dijelaskan terkait kronologi terjatuhnya korban. Pada hari jumat 26 Mei 2023 sekitar pukul 02.00 Wita KM. Riska Hidayah 03, kapal penangkap ikan tiba di Kendari setelah melakukan pelayaran dari mencari ikan disekitar perairan Pulau Menui.

Dan baru menyadari bahwa satu orang ABK tidak berada di atas kapal. Menurut keterangan dari teman ABK yang lain, korban terakhir terlihat pada hari kamis 24 Mei 2023 sekitar pukul 13.00 Wita.

Hingga berita ini diturunkan, Basarnas Kendari masih terus melakukan proses pencarian disekitar lokasi yang diduga terjatuhya korban. (Tribunbuton.com/adm)