TIMSEL ANGGOTA BAWASLU ZONA 1 SULTRA GENCAR SOSIALISASI

261

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Jelang dibukanya tahapan seleksi calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa jabatan 2023-2028. Tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 1 gencar lakukan sosialisasi.

Ketua Timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 1, Mursalam, mengatakan perjalanan kewenangan Bawaslu dalam mengawal demokrasi bangsa ini merupakan proses hak dan kekuasaan kelembagaan.

Dinamika dan konstalasi bangsa sejak masa orde baru hingga pasca reformasi sangat mewarnai penguatan kewenangan untuk mengawasi dan menegakkan keadilan pemilu.

Sehingga pengawasan pemilu yang efektif dipercaya sebagai instrumen yang mampu menghadirkan jaminan atas pelaksanaan pemilu yang demokratis.

“Sosialisasi tahapan pendaftaran calon anggota Bawaslu ini merupakan hari keempat dan kami laksanakan di Kantor Sekretariat Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Bawaslu Butur, Kecamatan Kulisusu,” ungkap Mursalam, Jumat 26 Mei 2023.

Dikatakannya, instrumen tersebut harus mampu menjamin dan mempromosikan transparansi, akuntabilitas, kredibilitas, dan integritas dari pelaksanaan pemilu. Jaminan tersebut menjadi penting karena berimplikasi pada kepercayaan publik terhadap proses pemilu, hasil pemilu dan juga kepada demokrasi.

“Kami berharap melalui sosilisasi ini, informasi pengumuman pendaftaran seleksi Anggota Bawaslu dapat tersampaikan dengan maksimal. Agar semakin banyak masyarakat yang melamar, dengan begitu kualitas calon Anggota Bawaslu akan semakin baik,” harapnya.

Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baubau itu memastikan tidak akan ada intervensi dalam melaksanakan tugas pada proses seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 1 yakni, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Kabupaten Bombana.

“Kami di Timsel merupakan orang baru,  kami pastikan tidak akan ada intervensi, kami akan mengerjakan pekerjaan ini sesuai dengan tupoksi dan juknis,” pungkasnya. (Tribunbuton.com/Asm)