HADIRI KONFERENSI KELAUTAN DUNIA DI REPUBLIK PANAMA, BASIRAN AKAN PROMOSIKAN SDA BUTON

187

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran, dijadwalkan akan mengikuti Konferensi Kelautan di Republik Panama Amerika Tengah. Minggu 2 – 5 Maret 2023.

Dalam kegiatan yang bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence itu, Pj Bupati Buton yang mewakili Indonesia ditemani Bupati Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), DR Royke Octavian Roring.

Dikutip dari laman sosial media (Facebook) Dinas Kominfo dan Persandian Buton. Drs Basiran, bakal mempromosikan potensi kelautan termasuk potensi alam dan wisata lainnya yang dimiliki daerah penghasil Aspal alam terbesar di dunai itu.

Di Pertemuan itu, merupakan ajang dialog kolaboratif antara kepala negara, sektor swasta, masyarakat sipil dan lembaga akademik guna membahas berbagai upaya penyelamatan sumber daya laut.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Buton. Jadi saya bawa hasil kerajinan seperti nentu, tenunan Buton, Kripik Tuna, Sambal Tuna, Kripik Sukun, dan hasil olahan nelayan lainnya. Dan itu merupakan permintaan Kedutaan Besar Indonesia di Panama,” kata Basiran, sesaat sebelum meninggalkan tanah air menuju Panama City Tocumen Airport,” Selasa, 28 Februari 2023.

Direncanakan juga Pj Bupati Buton bersama rombongan Indonesia, setelah transit di Dubai United Arab Emirates International dan Los Angeles International Airport (LAX). Langsung akan dijemput Tim Rare Global (Tanmatra) dan disambut oleh Kedubes Indonesia untuk Panama di Panama City Tocumen Airport.

Pada kegiatan itu, Pj Bupati juga akan mengikuti Side Events Panama Convention Center Pemerintah Daerah & Nelayan Skala Kecil. Upaya bagaimana dapat membuat kerjasama pengelolaan untuk masyarakat pesisir.

“Pada ajang itulah kita akan mempromosikan dan menampilkan potensi daerah di Kabupaten Buton,” kata Pj Bupati Buton.

Pj Bupati Buton tergabung dalam Rombongan Indonesia yang hadir dalam konfrensi kelautan yakni Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenko Marves, Bappenas, Kementerian Investasi dan BKPM, Kemenlu dan Bupati Minahasa. (Tribunbuton.com/adm)