LANSIA DI WAKATOBI DIBERIKAN EDUKASI INFORMASI DIGITAL

343

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Kelompok pemuda dan pemerintah desa di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Berkolaborasi menggelar kegiatan berupa edukasi informasi. Minggu 19 Februari 2023.

Edy Sofyan, koordinator kegiatan mengatakan terlaksananya kegiatan itu berkat kerjasama kelompok pemuda Tular Nalar, Smmart Village, Pemerintah Desa Kapota dan Pemerintah Desa Kabita Togo.

Kegiatan yang dipusatkan di pulau Kapota itu lanjut Edy Sofyan, berupa kegiatan akademi digital. Dengan sasaran masyarakat lanjut usia (lansia).

Edy Sofyan, mengatakan penggunaan teknologi digital saat ini begitu luas. Dan dimanfaatkan bukan hanya pada level millenial namun juga termasuk lansia.

“Terkait hal tersebut, perlu dibangun sikap kritis kalangan lansia. Sehingga dapat membedakan informasi bermodus penipuan, hasutan maupun informasi hox yang dapat memecah belah persatuan,” kata Edy Sofyan, Sabtu 25 Februari 2023.

Menurut Edy Sofyan, dengan adanya kegiatan itu. Akan muncul mindset berfikir di kalangan lansia dalam membedakan sejumlah informasi.

Sementara itu Duta Digital Wakatobi, Salfiah Karim, menjelaskan akademi digital khusus diprioritaskan untuk lansia. Harapannya lewat kegiatan ini, lansia dapat diberikan pengetahuan dasar mengkonsumsi informasi yang sehat.

“Kegiatan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan digital demi untuk meminimalisir melek digital pada warga lansia Desa Kapota dan Desa Kabita Togo,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu diikuti sebanyak 103 orang lansia yang berasal dari Desa Kapota dan Kabita Togo. (Tribunbuton.com/adm)