MONIANSE: HKTI DIHARAP DAPAT MEMPERKUAT SEKTOR PERTANIAN

183

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Dengan dukungan organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), diharapkan sektor pertanian dan pangan terus semakin kuat dan menjadi pengendali inflasi dan mampu hadapi krisis pangan pada komoditi tertentu. Hal ini diungkapkan Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, pafa pengukuhan Pengurus HKTI Sultra, khususnya Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah, dan Wakatobi.

Menurut dia, hal ini merupakan momentum penting dalam menajamkan peran organisasi HKTI dalam membangun sinergitas dan inovasi strategi dalam mendukung pembangunan sektor pertanian dan ketahanan pangan dengan berbagai tantangan yang ada, Sabtu 25 Februari 2023, UM Buton Convention Center Kampus UMB KM 5.

Beberapa catatan yang perlu dipertimbangkan antara lain pertama, perlu pertanian yang dapat diunggulkan dalam mengatasi krisis pangan dan membangun ketahan pangan daerah. Kedua, lahan pertanian menyusut menjadi non pertanian, sehingga perlu pengendalian lahan yang sudah ditetapkan dalam LP2B agar tidak dialihfungsikan pemanfaatannya.

Yang ketiga adalah strategi kebijakan perlu digalakkan dalam upaya peningkatan kapasitas produksi komoditas pangan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi, diversivikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan dengan membangun lumbung pangan, pengembangan pertanian modern melalui smart farming, penerapan mekanisasi pertanian, pemanfaatan inovasi hasil riset dan digitalisasi pertanian.

“Buatlah inovasi para petani kita, tidak lagi harus berjibaku dengan cara bertani dengan konvensional, melainkan bertani menggunakan teknologi, sehingga dengan tenaga dan biaya yang sedikit namun mampu mencapai hasil yang maksimal serta profesi petani menjadi profesi yang diminati para generasi muda kedepan,” ujarnya. (adm)