TIM INASAR EVAKUASI 4 JENAZAH KORBAN GEMPA TURKI

639

JAKARTA, TRIBUNBUTON.COM – Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang diberi tugas melaksanakan operasi SAR di area kerja (worksite) 17 kawasan Antakia, Provinsi Hatay Turkiye.

Berhasil mengevakuasi empat korban Gempa Turki beberapa hari lalu dalam kondisi meninggal dunia. Senin 13 Februari 2023, sore sekitar pukul 16.05 waktu Turkiye.

Press release Humas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Sultra menjelaskan, sebelumnya tim INASAR mendapat penugasan dari posko USAR Coordination Cell (UCC) di Hatay Expo untuk melaksanakan pencarian di sector X dan Y.

Tim Alfa dengan 15 anggota dan tiga anjing pelacak K-9 bergerak dengan menerapkan metode canine search dan technical search (rescue radar) di sekitar reruntuhan gendung yang hancur tersebut. Tim Alfa tidak menemukan tanda-tanda kehidupan.

Menjelang sore hari, tim Alfa mendapat penugasan kembali untuk beroperasi di worksite 17. Sebelumnya, tim Urban Search and Rescue (USAR) dari Korea yang melaksanakan operasi di area kerja tersebut, tepatnya sejak tanggal 9 Februari. Informasinya, terdapat 4 korban terjebak reruntuhan bangunan dan terkonfirmasi masih hidup.

Tim Alpha melanjutkan pencarian dengan metode canine search dan technical search dan tidak berhasil menemukan tanda-tanda kehidupan. Selanjutnya, pencarian dilakukan dengan menggunakan alat berat excavator.

Setelah berhasil membongkar bongkahan reruntuhan bangunan, tim INASAR menemukan 4 korban dalam keadaan meninggal dunia.

“Keempat korban berada pada lokasi yang sama. Keempat jenazah kami evakuasi dan kami serahkan kepada tim evakuasi dari Turkiye,” kata Yopi Hariadi, Ketua Tim INASAR.

Setelah mengevakuasi keempat korban, tim Alfa kembali ke Posko UCC Hatay dan melaksanakan apel malam untuk evaluasi (debriefing), dilanjutkan rapat koordinasi pada pukul 21.00.

“Kondisi tim INASAR pada hari kedua ini dalam keadaan sehat dan prima dan siap melanjutkan penugasan-penugasan selanjutnya,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim INASAR diberangkatkan ke Turkiye untuk membantu operasi SAR terhadap korban akibat bencana gempa dengan magnitude 7,8 yang mengguncang Distrik Pazarcik Provinsi Kahramanras, Turkiye pada hari Senin 6 Februari 2023 malam. (Tribunbuton.com/adm)