WARGA KORBAN BENCANA ALAM DI DESA BAHARI MAKMUR TERIMA BANTUAN PEMKAB BUTON

212

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Sebanyak 15 Kepala keluarga (KK) di Desa Bahari Makmur Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat bantuan dari Pemkab Buton. Senin 2 Januari 2023.

Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo dan Persandian Buton. Bantuan sosial untuk 15 KK masing-masing Rp 35 juta itu, akibat terdampak angin kencang dan gelombang tinggi. Hingga sejumlah rumah warga yang terletak di pinggir pantai itu rusak berat.

Pj Bupati Buton, Drs Basiran, saat menyerahkan bantuan itu berharap dengan adanya bantuan tersebut. Warga terdampak bencana alam itu bisa segera memulai pembangunannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan yang sudah masuk ke rekening masing-masing penerima, segera beli bahan bangunan sendiri nanti diarahkan Dinas Perumahan dengan gambaran rumah yang sudah di desainkan. Sehingga bisa istirahat tenang kembali di rumah sendiri. Tidur di pengungsian pasti tidak nyaman,” harap Basiran.

Pada kesempatan itu pula. Pj Bupati Buton menginstruksikan Kepala Dinas Perumahan agar dalam pemilihan lokasi diupayakan jauh dari lokasi sebelumnya, agar rumah yang dibangun bisa dipakai jangka panjang.

“Untuk lokasi pembangunan rumah baru, saya sudah perintahkan Kepala Dinas Perumahan agar tidak berhadapan langsung dengan gelombang. Sehingga rumah yang dibangun itu, betul-betul jauh dari musibah gelombang,” ujarnya.

Drs Basiran, menjelaskan jika sumber anggaran bantuan itu bersumber dari APBD Kabupaten Buton tahun 2022. Yang telah dibahas dan disetujui bersama dalam rapat antara eksekutif dan legislatif.

Untuk diketahui, bencana alam yang menimpa warga itu terjadi akhir Desember 2022 lalu. Belasan rumah yang terletak di pinggir laut di Desa Bahari Makmur rusak total karena diterjang ombak dan angin kencang.

Akibatnya bencana itu, sebanyak 32 kepala keluarga atau 118 jiwa terpaksa mengungsi di sejumlah gedung sekolah yang ada di desa tersebut. (Tribunbuton.com/adm)