HADIRI RAKOR TPID SE-SULTRA, PJ BUPATI BUTON PAPARKAN STRATEGI TEKAN INFLASI

129
PJ Bupati Buton saat hadiri rakor TPId se-Sultra

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran, menghadiri rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Sulawesi Tenggara, di Kendari 6 September 2022.

Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton. Kegiatan itu dibuka Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, mewakili Gubernur Sultra, H Ali Mazi.

Asrun Lio, saat mengawali arahan Gubernur Sultra dalam membuka kegiatan itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi semua pihak yang turut hadir di pertemuan itu. Kegiatan itu lanjutnya, atas dasar mengantisipasi global risiko stagflasi cukup tinggi, mendorong terjadinya krisis energi dan krisis ekonomi.

Menurut Asrun Lio, indonesia diperkirakan menjadi salah satu negara yang dapat lepas dari ancaman situasi krisis karena ekonominya masih bertumbuh. Namun demikian, dampak inflasi secara langsung ataupun tidak langsung melalui kenaikan berbagai harga komoditas Internasional tidak dapat dipungkiri akan tetap mempengaruhi Indonesia.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra itu mengajak semua pengurus dan anggota TPID se-Sulawesi Tenggara senantiasa berkomitmen menggelorakan semangat sinergi dan kolaborasi dalam melaksanakan berbagai upaya pengendalian inflasi di daerah. Demi mewujudkan Sulawesi Tenggara yang mampu menjaga pertumbuhan ekonomi.

“Mengendalikan gejolak inflasi sehingga terlepas dari ancaman krisis yang pada gilirannya menjaga kesejahteraan masyarakat dan berkontribusi dalam membangun Sulawesi Tenggara menuju Indonesia yang lebih kuat,” katanya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Buton, Drs Basiran memaparkan beberapa hal tentang dampak inflasi yang dampaknya secara langsung dirasakan kelompok nelayan ikan laut terkait pemenuhan pasokan BBM yang terbatas.

Di hadapan Gubernur Sultra dan para Kepala Daerah, Drs Basiran, mengatakan untuk menyikapi hal itu perlu peran semua pihak terkait untuk mengatasinya.

“Program kerja ke depan untuk menekan inflasi pemanfaatan pekarangan sayur dan cabai yang dikoordinasikan oleh camat dan kepala desa dan perda cadangan pangan untuk mengatasi keterbatasan cadangan pangan di daerah,” ujar Basiran.

Hadir dalam acara ini Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sultra, Doni Septadijaya, Wakil Ketua TPID Sultra; Pj Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio, Ketua Harian TPID Sultra, para Bupati/Walikota se-Sultra, Ketua TPID di wilayah masing-masing dan segenap Anggota TPID di wilayah Sulawesi Tenggara. (Tribunbuton.com/adm)