PEMKAB WAKATOBI GELAR MALAM TRIBUTE TO MAESTRO GAMBUS INDONESIA

322
Bupati Wakatobi, H Haliana didampingi istri pose bersama keluarga Alm La Ode Kamaludin usai menyerahkan hadiah penghargaan. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar malam Tribute To (Penghormatan) untuk Maestro Gambus Indonesia, Alm La Ode Kamaludin.

Malam penghormatan untuk Maestro Gambus Indonesia asal Wakatobi itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (Wakatobi Wave) Tahun 2022.

Dengan menyerahkan hadiah penghargaan kepada keluarga Alm La Ode Kamaludin. Berupa uang tunai Rp 10 juta. Hadiah penghargaan itu diserahkan langsung Bupati Wakatobi, H Haliana. Minggu 13 November 2022.

Bupati Wakatobi, H Haliana, mengatakan karya-karya Alm La Ode Kamaludin. Berupa sejumlah lagu daerah khas Wakatobi telah mengantarkan nama Wakatobi dikenal dalam berbagai event budaya nasional.

Dimana dalam setiap event budaya yang diikuti Wakatobi baik itu ditingkat lokal maupun nasional. Alunan musik khas daerah karya-karya monumental Alm La Ode Kamaludin menjadikan ciri khas Wakatobi.

“Karya-karya musik Alm mengangkat ciri khas Wakatobi dan telah mengantarkan nama Wakatobi dikenal di Indonesia seperti lagu Rusiana. Begitu pula dalam berbagai event budaya nasional yang diikuti Wakatobi, karya beliau memberikan warna tersendiri dengan iringan alat musik Gambusnya,” ujar H Haliana, sesaat usai menyerahkan hadiah penghargaan kepada keluarga Alm La Ode Kamaludin.

Bupati Wakatobi berharap jejak dan karya-karya musik Alm La Ode Kamaludin tidak terhenti. Dan bisa menjalar dan dikembangkan generasi muda Wakatobi kedepan. Karena malam penghormatan itu sebagai wujud keseriusan Pemkab Wakatobi terhadap kelestarian karya musik daerah.

“Kenapa malam ini kita laksanakan Tribute To La Ode Kamaludin. Ini adalah malam kenangan untuk beliau. Agar karyanya bisa diwariskan generasi muda kedepan,” harap Bupati Wakatobi.

Sebagai wujud keseriusan Pemkab Wakatobi untuk memberikan apresiasi dan mewariskan karya musik daerah Alm La Ode Kamaludin. Bupati Wakatobi mengungkapkan akan menganggarkan pembangunan sangar musik karya Alm La Ode Kamaludin.

“Sebagai wujud apresiasi dan melestarikan musik khas daerah Wakatobi dan tentunya menghargai semangat dan karya yang telah ditelorkan Alm. Kita rencanakan tahun depan membangun sangar musik daerah,” ungkap H Haliana.

Bupati Wakatobi menambahkan jika Alm La Ode Kamaludin memiliki kelebihan dalam meracik lantunan musik daerah. Sehingga semangat Alm harus diwariskan. “Semoga karya beliau bernilai ibadah. Pemkab Wakatobi sangat kehilangan dengan figur seperti beliau,” pungkas Bupati Wakatobi. (Tribunbuton.com/adm)