BUPATI WAKATOBI: KUALITAS KONTEN DAN KEMASAN WAKATOBI WAVE MENJADIKANNYA KALENDER EVENT NASIONAL

204
Pembukaan Wakatobi Wave 2022 ditandai dengan pemukulan Bedug Staf Ahli Menteri Pariwisata didampingi Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi. Serta sejumlah pejabat dari berbagai daerah di Indonesia. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Bupati Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Haliana, mengungkapkan konsistensi pemerintah dan masyarakat Wakatobi dalam penyelenggaraan Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (Wakatobi Wave) telah membuahkan hasil positif.

Hal itu ditandai dengan ditetapkannya even budaya Wakatobi Wave sebagai kalender even nasional tahun 2021 lalu. Yang dikenal dengan sebutan Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Ini semua karena konsistensinya kita dalam penyelenggaraan Wakatobi Wave sejak 2015. Serta dari sisi kualitas konten dan kemasan eventnya yang telah dinilai atau dikurasi secara nasional setiap tahun,” ungkap H Haliana, saat pembukaan Wakatobi Wave 2022. Sabtu 12 November 2022.

Pelaksanaan Wakatobi Wave 2022 yang mengusung tema Harmony In Diversity lanjut Bupati Wakatobi. Menggambarkan kesadaran kolektif tentang adanya realitas sosio kultural dan potensi sumber daya alam dimiliki Wakatobi.

“Anugerah keberagaman yang ada harus ditransformasi menjadi pengganda kekuatan mewujudkan visi daerah dan memperkuat daya saing destinasi pariwisata yang telah memiliki posisi strategis sebagian bagian dari 10 destinasi pariwisata prioritas nasional dan sebagai kabupaten kreatif Indonesia,” ucap Bupati Wakatobi.

Dikatakannya, pelaksanaan Wakatobi Wave diharapkan dapat menjadi ruang partisipasi, kreasi, ekspresi, apresiasi serta kolaborasi yang dapat memberikan manfaat secara ekonomi dan sosial budaya bagi masyarakat Wakatobi secara luas.

Tahun 2022 ini kata Bupati Wakatobi, banyak anugerah tercurah untuk Kabupaten Wakatobi yang perlu disyukuri. Disamping event Wakatobi Wave, tahun 2022 Kabupaten Wakatobi juga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan beberapa event nasional.

“Tercatat dalam tinta emas bahwa bulan Juni 2022 lalu, Kabupaten Wakatobi untuk pertama kalinya dikunjungi Presiden RI Joko Widodo. Dimana Wakatobi menjadi tuan rumah kegiatan GTRA Summit 2022. Dalam waktu dekat juga, Wakatobi akan menjadi tuan rumah kegiatan Hari Nusantara. Yang direncanakan bakal dihadiri Presiden RI,” ujar H Haliana.

Semua event itu, Bupati Wakatobi menjelaskan jika akan memberikan dampak positif bagi kemajuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Wakatobi jangka panjang. Karena akan semakin menguatkan posisi Wakatobi kedepan.

Menurut Bupati Wakatobi, suatu hal yang menggembirakan untuk masyarakat Wakatobi yakni pembangunan tahap pertama proyek KSPN yang meliputi empat titik di pulau Wangi-Wangi sudah akan berjalan. Yakni penataan Kawasan Wisata Sombu Dive, Puncak Toliamba, pusat alun-alun lapangan merdeka serta penataan kawasan wisata Danau Kapota.

“Insya Allah tahun depan (2023, red) akan dilanjutkan dengan pembangunan proyek KSPN tahap II. Yakni penataan kawasan Benteng Liya Togo. Tentunya titik destinasi lain akan menyusul dan berjalan secara stimultan dengan pendukungan program kegiatan lain diberbagai sektor,” harap H Haliana. (Tribunbuton.com/adm)