24 ANGGOTA PANWASCAM DI WAKATOBI DILANTIK, BEGINI PESAN KETUA DPRD DAN WAKIL BUPATI WAKATOBI

194
Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode Muhammad Arifin, saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 24 anggota Panwascam di Wakatobi. FOTO Duriani

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Muhammad Arifin, melantik dan mengambil sumpah jabatan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) 2024.

Pelantikan dan pembekalan terhadap 24 anggota Panwascam se-Kabupaten Wakatobi itu. Dihadiri Ketua DPRD Wakatobi, Wakil Bupati Wakatobi, Ketua KPU Wakatobi, Koordinator Lembaga Pemantau Pemilu, perwakilan Forkopimda dan tamu undangan. Sabtu malam 29 Oktober 2022.

Ketua DPRD Wakatobi, H Hamirudin, dalam sambutannya mengatakan anggota Panwascam terlantik merupakan hasil serangkaian seleksi Bawaslu Wakatobi. Sehingga suatu keharusan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai amanat undang-undang yang berlaku.

“Anda semua merupakan hasil seleksi. Tempatkan diri anda pada tempat yang semestinya. Karena kualitas dan kesuksesan Pemilu ada pada anggota Panwascam,” kata Ketua DPRD Wakatobi.

Anggota Panwascam lanjut H Hamirudin, harus mampu menjaga marwah kepengawasan Pemilu sesuai tupoksi. Olehnya itu, kemampuan memahami tupoksi sekali lagi akan menentukan kesuksesan pesta demokrasi.

“Harus didasari niat yang sama yakni memenuhi asas langsung umum, bebas dan rahasia (Luber). Tidak berlebihan jika saya menaruh harapan besar agar kinerja Anda semua akan terpilih wakil rakyat yang mencerminkan kedaulatan rakyat melalui hasil kerja kalian,” harap Ketua DPRD Wakatobi.

Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, meminta anggota Panwascam untuk amanah dengan jabatan dan tupoksinya. Kaitannya dengan janji dan sumpah jabatan, Ilmiati Daud, menjelaskan ketika sumpah itu tidak di aminkan maka amalan atau hasil yang diinginkan tidak akan terkabul.

Meskipun saat ini belum secara siapa saja yang menjadi peserta Pemilu. Namun Srikandi asal Pulau Gau Satoto Kaledupa itu mengungkapkan jika Moment pelantikkan anggota Panwascam pertanda dimulainya rencana besar di negeri ini yakni Pemilu 2024.

“Harapan saya, pemilu nanti bisa berjalan sesuai harapan. Kalian semua menjadi garda terdepan, karena ujung tombak kesuksesan pemilu ada di pundak kalian,” pinta Wakil Bupati Wakatobi.

Menurut Ilmiati Daud, anggota Panwascam harus memberi cerminan bahwa pemilu nanti adalah agenda besar yang harus disukseskan. Karena akan ada proses-proses selanjutnya hingga Pemilu 2024 dinyatakan selesai.

“Saya berharap semua anggota panwascam yang dilantik malam ini tetap sehat dalam menjalankan tupoksi agar menjadi nilai ibadah,” harapnya. (Tribunbuton.com/adm)