PEMKAB BUTON DAN UNIDAYAN BAUBAU SEPAKAT PERPANJANG MOU

135
Pemkab Buton dan Unidayan Baubau sepakat perpanjang kerjasama. FOTO IST

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) sepakat memperpanjang Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau.

Penandatanganan perpanjangan MoU dilakukan langsung Pj Bupati Buton, Drs Basiran MSi dengan Rektor Unidayan, Ir LM Sjamsul Qamar MT.IPU di Ruang Rapat Rektor, Kampus Unidayan Baubau, Senin, 17 Oktober 2022.

Dikutip dari laman sosmed Dinas Kominfo dan Persandian Buton. Perpanjangan MoU itu disambut baik Rektor Unidayan. “Kerjasama yang kita lakukan selama ini adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seperti KKN dan penelitian dosen Unidayan,” kata Rektor Unidayan Baubau.

Rektor Unidayan Baubau berharap ada penelitian dalam bentuk kerjasama dengan bidang tertentu dengan tersedianya 17 program studi, SDM dosen yang terdiri dari S3 dan S2 berbagai disiplin ilmu.

“Kami menyambut baik perpanjangan MoU ini. Terimakasih untuk Pemkab Buton, semoga bisa saling bersinergi dengan perguruan tinggi dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi,” ujar Ir LM Sjamsul Qamar.

Pj Bupati Buton, Drs Basiran mengungkapkan kerja sama yang terjalin dengan perguruan tinggi untuk mendukung kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Karena saya pahami perjanjian dengan perguruan tinggi adalah hal yang sangat penting. Kampus penuh dengan orang-orang hebat. Unidayan sudah banyak melahirkan lulusan terbaik ilmuwan hingga pejabat,” ungkap Pj Bupati Buton.

Pj Bupati Buton menjelaskan kedepan pihaknya akan menggandeng Unidayan untuk menyelenggarakan seminar nasional tentang aspal.

“Di jaziran Buton tentu kita berharap kiranya potensi yang kita miliki, kita kembangkan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu harus dikaji secara akademis melalui penelitian,” jelasnya.

Ia juga menegaskan agar kerja sama itu harus ditindaklanjuti. Semua OPD dapat menjalin kerjasama sesuai dengan bidangnya. Misalnya Dinas Perikanan mengkaji bersama kandungan perikanan di Buton dengan Fakultas Perikanan. Demikian juga OPD lain,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penandatangan MoU perpanjangan itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton, Wa Ode Sitti Raemuna, SE, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Pengembangan Kerjasama Unidayan, DR Andi Tendri dan sejumlah Civitas Akademika Unidayan. (Tribunbuton.com/adm)