OPTIMALISASI PENGGUNAAN ASPAL BUTON, KEMENTERIAN PUPR UNDANG PJ BUPATI BUTON

370
PJ Bupati Buton dan rombongan saat rapat dengan pihak Kementerian PUPR di Jakarta. Membahas optimalisasi penggunaan Aspal Buton. FOTO IST

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran MSi, menghadiri rapat bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022.

Rapat yang dipimpin langsung Menteri PUPR, Ir Basuki Hadimuljono, merupakan tindak lanjut hasil kunjungan Presiden RI Joko Widodo, di Kabupaten Buton akhir September 2022 lalu.

Dikutip dari laman sosial media (sosmed) Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Buton. Rapat selama dua hari 12 – 13 Oktober 2022 itu. Membahas kesiapan pihak-pihak terkait dan sarana prasarana lainnya dalam rencana Presiden RI mengoptimalisasi penggunaan Aspal Buton untuk kegiatan pembangunan di Indonesia tanpa harus impor seperti selama ini.

“Pada dasarnya tapat koordinasi hari pertama dengan Menteri PUPR terkait kesiapan dari penyediaan Aspal. Dalam hal ini kesiapan pabrik terhadap permintaan kebutuhan dalam negeri,” ungkap Pj Bupati Buton.

Dihari kedua, rapat dilanjutkan dengan membahas bisnis matching antara produsen Aspal termasuk dengan Kementerian PUPR. “Yang jadi topik pembicaraan adalah terkait dengan jenis produksi Aspal yang meliputi Aspal murni dan campuran,” kata Drs Basiran.

Tindak lanjut pertemuan itu lanjut Pj Bupati Buton. Kementrian PUPR akan melaksanakan arahan untuk penggunaan Aspal. Sehingga antara suplay dan demain matching.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra itu menjelaskan hasil rumusan pertemuan menghasilkan kesimpulan bahwa kebutuhan Aspal dalam negeri dan kesiapan pabrik yang ada di Buton maupun pabrik yanga ada di masing-masing provinsi. Termasuk pembahasan besaran biaya yang digunakan untuk mengurangi impor Aspal.

Setelah melakukan rapat dengan Kementerian PUPR. Pj Bupati Buton yang didampingi Kepala Dinas PU Buton, Dirut PT Wika Bitumen, Dirut Kartika Prima Abdi dan Ketua ASPABI. Melakukan koordinasi ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

“Di Kemenko Marves kami melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Asisten Deputi Bidang Infrasruktur Kemenko Marves. Pihak Kemenko Marves siap membantu percepatan optimalisasi penggunaan Aspal Buton,” ucap Pj Bupati Buton.

Untuk diketahui, 27 September 2022 lalu. Presiden RI, Joko Widodo berkunjung ke Buton. Melihat langsung ketersediaan Aspal di Buton yang melimpah dengan stok 662 juta ton. Presiden langsung menginstrusikan stop impor Aspal. “Dua tahun lagi, tidak akan ada lagi Impor Aspal”. (Tribunbuton.com/adm)