POLRES BAUBAU PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

134
Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo SIK, saat menjadi irup Hari Kesaktian Pancasila. FOTO IST

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Kapolres Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP Erwin Pratomo SIK, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Mako Polres Kota Baubau. Sabtu 1 Oktober 2022.

Kapolres Baubau dalam sambutannya mengatakan upacara Hari Kesaktian Pancasila dimaksudkan untuk kembali mengenang Pahlawan Revolusi yang gugur dalam tragedi nasional tahun 1965.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri,” kata AKBP Erwin Pratomo SIK, dalam sambutannya.

Dalam perjalanan sejarah bangsa lanjutnya, begitu banyak rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan peringatan Kesaktian Pancasila ini, diharapkan semangat tekad jiwa Bhinneka Tunggal Ika berlandaskan Pancasila semakin melekat kepada pemuda penerus bangsa. Sehingga bangsa Indonesia tetap utuh dalam satu kesatuan.

Upacara yang dimaksudkan memperingati serta mengenang para pahlawan, sekaligus kilas balik peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 dan lebih dikenal dengan Gerakan 30 September itu. Diawali dengan hening cipta dipimpin irup.

Peserta upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Polres Baubau. FOTO IST

Lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945 dan pembacaan naskah ikrar.

Bertindak sebagai perwira ipacara yakni Iptu Fajiri, S.Sos dan Komandan Upacara Ipda Joni Arani. Dan dihadiri Para PJU Polres Baubau, Kapolsek jajaran Polres Baubau, Perwira dan seluruh personil Polres Baubau. (Tribunbuton.com/adm)