PENANGANAN KASUS STUNTING, KOTA KENDARI UNGGUL DI SULTRA

189

 

KENDARI, TEIBUNBUTON.COM – Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menempati urutan teratas dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Dalam keberhasilan penanganan kasus Stunting.

Hal itu terlihat saat pelaksanaan rapat tim audit kasus stunting tingkat Kota Kendari, bertempat di hotel Plaza Kubra Kendari. Selasa 27 September 2022.

Kendati sampel keberhasilan itu baru pada kegiatan Posyandu. Namun data terbaru dari 17 kabupaten/kota di Sultra. Penanganan kasus Stunting di Kota Kendari cukup signifikan yakni pada angka 1,1 persen. Jauh di atas kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari, Drs H Jahuddin, mengatakan kasus Stunting telah menjadi isu nasional. Dimana dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 menjadi dasar pihak – pihak terkait melakukan penanganan.

“Hal ini telah menjadi prioritas nasional dikarenakan hasil studi status kesehatan gizi Indonesia tahun 2021 merupakan angka yang sangat memprihatinkan bagi negara,” kata H Jahuddin.

Untuk Sulawesi Tenggara lanjut H Jahuddin, berada di angka 30,2 persen. Sedangkan Kota Kendari 24 persen. Namun jumlah tersebut masih dibawah angka rata-rata nasional.

“Masih cukup banyak jika dijadikan sebagai rujukan. Contoh, diantara 100 wanita maka ada 24 yang tergejala stunting. Kira-kira seperti itu gambarannya,” ujar H Jahuddin.

Ditambahkannya, terkait penanganan stunting secara alami telah berjalan. Namun secara sporadis terhalang penanganannya sesuai dengan leading sektor masing-masing. (Tribunbuton.com/den)