TINGKATKAN KEMAMPUAN SATUAN SAMAPTA, POLRES BAUBAU GELAR LATIHAN DALMAS

197

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Personel Satuan Samapta Polres Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) bertempat di halaman Mapolres Baubau, Rabu 14 September 2022

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo SIK, melalui Kasat Samapta AKP La Ode Maktubu mengatakan latihan Dalmas yang diikuti sekitar 191 personil itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personilnya.

“Sebanyak 191 personil peserta latihan ini terdiri dari Tim Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Regu penembak, Petugas APAR, Tim Raimas dan Tim Dokumentasi,” kata AKP La Ode Maktubu dalam press release Kasi Humas Polres Baubau. Rabu 14 September 2022.

Kasat Samapta Polres Baubau, AKP Laode Maktubu, juga mengungkapkan latihan pengendalian massa itu bertujuan meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personil. Serta kesiap siagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan.

“Jadi latihan Dalmas ini sebagai langkah meningkatkan kemampuan personil samapta dalam fungsi teknis pengendalian massa serta untuk meningkatkan kesiap siagaan seluruh Personil Polres Baubau, apabila dibutuhkan saat terjadi peningkatan eskalasi dalam aksi unjuk rasa,” ungkap AKP La Ode Maktubu.

AKP La Ode Maktubu, berharap dengan adanya pelatihan tersebut. Seluruh personel baik sebagai Dantim, Danton dan Padal paham peran dan fungsinya tentang tahapan dalam pengendalian masa sehingga tidak terjadi pelanggaran saat pelaksanaan tugas.

“Selain untuk meningkatkan keterampilan, latihan Dalmas juga untuk menjaga kekompakan serta kedisiplinan anggota, membentuk mental yang kuat, sehingga pengendalian diri personil Dalmas tetap terkendali,” ujar Kasat Samapta Polres Baubau.

Dalam latihan dalmas itu, Kasat Samapta Polres Baubau sebagai pelatih. Dan dipantau langsung oleh Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo SIK serta Kabag Ops Polres Baubau, Kompol Suriadin.

Personil gabungan Polres Baubau diberikan latihan dengan materi
Tahapan Situasi Penanganan Unjuk Rasa yaitu Situasi Hijau, Situasi Kuning dan Situasi Merah. (Tribunbuton.com/Flash)