PEMKAB BUTON PERINGATI HKGN 2022

151
Situasi HKGN Tingkat Kabupaten Buton. FOTO IST

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Sulawesi Tenggara (Sultra) peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022. Dengan tema Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia, Bangkit Lebih Kuat, Bebas Gigi Berlubang. Senin 12 September 2022.

Dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Buton. Asisten Administrasi Umum Setda Buton, Drs La Ode Muhiddin Mahmud, mewakili PJ Bupati Buton dalam arahannya mengatakan pencegahan penyakit gigi dan mulut sangat penting.

Perawatan Kesehatan gigi idealnya diawali dari ibu hamil, agar asupan gizinya bagus. Si ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik sehingga gizi janin kurang dan bayi mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan.

“Kesehatan gigi merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh sehingga menjadi salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat,” kata La Ode Muhiddin Mahmud.

Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buton ini menyampaikan cara menjaga kesehatan rongga mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan juga rajin kontrol ke dokter gigi. “Jaga hidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup,” pesannya.

Drg Masrina Hita, perwakilan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDG)I Cabang Kota Baubau menjelaskan Pengurus Besar Dokter Gigi Indonesia mengadakan hari kesehatan nasional secara serentak di seluruh Indonesia dengan terget 5.000 siswa secara nasional.

“Kami dari PDGI Cabang Kota Baubau mengadakan hari kesehatan nasional ini di dua tempat yakni Kota Baubau dan Kabupaten Buton,” ujarnya.

Kegiatan tersebut lanjut Drg Masrina Hita, mengingat kesehatan gigi di masyarakat dari hari ke hari semakin memprihatinkan. Terlebih dengan adanya peningkatan kasus Stunting yang yang erat sekali kaitannya dengan kesehatan gigi.

Asisten Tiga Setda Buton saat memasuki arena HKGN tingkat Kabupaten Buton. FOTO IST

Sehingga banyak penyakit mulut yang dapat berkembang sampai menginfeksi ke penyakit lain, baik bagi kesehatan anak-anak maupun ibu hamil sebab kesehatan gigi dan mulut adalah pintu bagi kesehatan tubuh.

“Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengangkat tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” diharapkan mulai dari anak Sekolah Dasar kita mulai mengukur tingkat kesehatan gigi secara individual maupun nasional,” tuturnya.

HKGN di Kabupaten Buton diousatkan di SDN 68 dan SDN 13 Buton, di Pasarwajo. Dan dihadiri Plt Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Buton Murad, S.TP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin SKM. MKes. (Tribunbuton.com/adm)