GONDA BARU DAN KAISABU BARU PERCONTOHAN BANK SAMPAH

Halfia APi MPd / tribunbuton.com

Sampah Plastik Dikirim ke Surabaya, Sampah Organik Diolah Jadi Pupuk

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Dinas Lingkungan Hidup bakal mengitensifkan peran bank sampah. Dengan adanya bank sampah, nantinya masyarakat sudah harus memilah jenis sampah sejak dari rumah

Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Baubau, Halfiah APi MPd, menjelaskan sudah ada beberapa kelurahan yang menjadi binaan dalam penanganan sampah dan menjadi percontohan, msalnya Gonda Baru dan Kaisabu Baru. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos untuk penanaman sayuran.

“Dan saat ini untuk penanganan sampah plastik, dikirim ke Surabaya untuk didaur ulang,” katanya kepada tribunbuton.com, Rabu 22 Juni 2022.

Dengan bank sampah menurut dia, sampah akan menjadi sumberdaya bagi masyarakat. Untuk itu perlu disosialisasiken lebih intens yang nantinya akan ada kelurahan yang menjadi percontohan yang diharapakan mampu meningkatkan pengolahan sampah.

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank sampah serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Halfia berharap agar masyarakat dan pemerintah bersama-sama menjaga kebersihan, mematuhi jam pembuangan sampah, memilah sampah dari rumah dan membuang sampah pada tempatnya agar Kota Baubau menjadi kota yang bersih dan indah. (p1)

Editor: Yhd

Komentar Anda