BERKUNJUNG DI TANAH BUTON, UAS: BUTON SAUDARA SESAMA MELAYU

293
UAS bersama Wali Kota Baubau

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Jemaah Shalat Isya Masjid Agung Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tiba-tiba membludak hingga keluar di jalan raya, Jumat 24 Juni 2022.

Hal itu disebabkan kehadiran Ustad Abdul Somad (UAS) guna memenuhi undangan ceramah Tablig Akbar di Masjid kebanggaan masyarakat Kota Baubau. Kehadiran Da’i kondang itu disambut antusias warga Kota Baubau.

UAS, dalam ceramahnya menekankan pentingnya Hijrah, Dakwah dan Ukhuwah. Dimana Hijrah adalah proses menjadi manusia yang lebih baik, ukhuwah dan dakwah adalah persaudaraan dan saling mengingatkan pada kebenaran.

Dalam ceramahnya Ustadz Abdul Somad mengungkapakan kebahagiaan atas keramahan orang Buton dan mengaku dari kecil ingin berkunjung ke Buton karena sering melihat Buton di peta.

“Di kampung saya di Riau ada Tanjung Buton dan sekarang saya akhirnya langsung datang ke Pulau Buton.” Ungkap Ustad Abdul Somad

Ustad Abdul Somad, mengatakan menemukan banyak kesamaan di daerah kelahirannya dengan Buton. Dan berharap dengan kesamaan itu manambah semangat persaudaraan.

Masjid Agung Kota Baubau

“Kita sulit bersaudara kalau hanya melihat perbedaan, kita sama-sama Kesultanan yang menerima dakwah Islam. Saya datang dari Sumatra sebagai saudara sesama melayu. Saya dari Kesultanan Siak Sri Indrapura yang usianya lebih muda dari Kesultanan Buton. Kita dipersaudarakan oleh agama, andai tidak oleh agama maka kita dipersaudarakan oleh NKRI,” terang UAS.

Untuk diketahui, sebelum memulai ceramah pada pukul 19:00 wita, Bapak Walikota, Baubau LA Ode Ahmad Monianse, memberikan sambutannya dengan mengatakan UAS adalah melayu Riau yang ada di barat dan Buton adalah melayu yang ada di timur.

“Pendiri kerajaan Buton bersal dari tanah melayu, maka kedatangan Ustadz Abdul Somad tidak lain adalah mengunjungi saudaranya sesama melayu.” Ungkap Monianse. (Tribunbuton.com/ial)