BPJS KESEHATAN CABANG BAUBAU GELAR FGD BERSAMA PULUHAN WARTAWAN

211

 

BAUBAU,TRIBUNBUTON.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Menggelar Forum Group Diskusi (FGD) bersama sejumlah wartawan di Kota Baubau. Jumat (24/6/2022).

FGD terkait pengelolaan informasi dan pengaduan itu. Merupakan bagian strategi BPJS untuk meluncurkan program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehap). Yang bertujuan memudahkan masyarakat peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memiliki tunggakan iuran.

Kepala Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Ekha Adrayani, mengatakan program Rehab peserta JKN-KIS bisa membayar tunggakan iuran BPJS kesehatan dengan cara mencicil. Sehingga Kartu BPJS bisa diaktifkan kembali dan dapat dipergunakan.

“Contoh bapak daftar program Rehab, terus misalnya bapak mengambil jangka waktu pelunasan empat bulan. Baru berjalan bulan ketiga, tiba-tiba bapak sakit dan ingin menggunakan kartu BPJS. Sedangkan kartu BPJS Bapak sebelumnya tidak aktif. Jadi kalau belum lunas itu kartunya belum bisa aktif maka segera melakukan pelunasan terlebih dahulu,” ucap Ekha Adrayani.

Kata Ekha Adrayani, sebelumnya BPJS kesahatan telah mengeluarkan program Relaksasi guna meringankan beban perekonomian peserta BPJS. Kebijakan tersebut diambil karena selama pandemi COVID-19, situasi perekonomian menjadi lebih lesu. Hingga akhir bulan Desember 2020, program tersebut tidak berjalan efektif dikarekan banyak yang tidak melunasi sisa ketunggakan.

“Kalau dulu masih berjalan program Relaksasi, pada saat bapak ikut program Relaksasi itu kartunya lansung bisa aktif. Tapi program itu masih banyak yang tidak melunasi ketunggakannya. Makanya sekarang pada program Rehab ini harus lunas dulu baru bisa aktif,” katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Andri Nurcahyanto

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Andri Nurcahyanto, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh awak media yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh wartawan yang telah hadir dalam kegiatan kali ini, saya berharap, dengan terselenggaranya acara ini dapat memberikan manfaat dan informasi yang baik kepada seluruh peserta BPJS sehingga program BPJS Kesehatan bisa tersampaikan”Tutupnya. (Tribunbuton.com/Flash)