JELANG PILKADES SERENTAK, WAKIL BUPATI BUTUR INGATKAN NETRALITAS DAN KEAMANAN

103
Pemantapan Pilkades serentak

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM -Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 19 Juni 2022. Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) mengingatkan semua unsur untuk menjaga netralitas dan keamanan jalannya pemilihan.

Wakil Bupati Butur, Ahali, mengatakan semua unsur yang terlibat dalam Pilkades serentak nanti. Wajib untuk selalu menjaga stabilitas keamanan. Kerawanan Kamtibmas perlu diantisipasi semua pihak.

“Kerawanan yang perlu diantisipasi antara lain konflik antar penduduk, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi anarkhis, intimidasi kepada panitia, calon, pemilih dan beberapa kerawanan lainnya,” kata Ahali, saat sosialisasi tahapan Pilkades di Aula Bappeda Butur, Selasa (14/6/2022).

Mantan Kapolsek Kulisusu ini mengajak penyelenggara Pilkades untuk menjaga sikap netralitasnya. Panitia bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku dan jangan memihak kepada salah satu calon kepala desa.

Ahali, juga mengajak setiap penduduk desa yang suda mempunyai hak memilih agar mendaftarkan dalam wajib pilih dan diumumkan kepada masyarakat untuk diketahui sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih.

“Mengajak semua pihak terkait, mulai dari panitia kabupaten, kecamatan dan desa agar dalam pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan aman, lancar, kondusif dan tidak adanya kluster baru covid-19. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, ikhlas yang diniatkan sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pilkades serentak tahun 2022 ini merupakan Pilkades serentak yang diselenggarakan kedua kalinya, dimana pertama diselenggarakan pada tahun 2017 dan diikuti oleh 43 desa. Sedangkan digelombang kedua tahun 2022 kali ini diikuti 39 desa di enam kecamatan. (Tribunbuton.com/dar)