GTRA SUMMIT 2022 DI WAKATOBI MEMBAWA BERKAH UNTUK NELAYAN

260
Sosialisasi KKP di Wakatobi

 

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra), 8 – 9 Juni 2022.

Membawa berkah bagi masyarakat Wakatobi. Diantaranya, program yang dikhususkan untuk masyarakat nelayan. Program itu dibawa oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dengan menggandeng Balai Taman Nasional (BTN), KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap saat ini menggelar sosialisasi dan koordinasi fasilitasi sertifikat atas tanah (Sehat).

Eka Kurniadi, dari Badan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan mengatakan sosialisasi itu menindaklanjuti amanah Mentri Kelautan dan perikanan dalam rangka mendukung pelaksanaan GTRA Summit 2022 di Kabupaten Wakatobi.

Direktorat Perikanan tangkap sendiri hadir untuk memberikan program pemberdayaan masyarakat yang bersentuh langsung dengan para nelayan seperti memberikan pelatihan, bimbingan tekhnis, sosialisi bahkan sampai pemberian bantuan.

“Kami hadir di Wakatobi ini untuk memberikan sentuhan langsung kepada para nelayan Wakatobi. Intinya saat ini, mensejahterakan para nelayan atau kelompok nelayan,” ungkapnya Sabtu (4/6/2022).

Untuk Program bantuan Sehat, pihaknya sudah melakukan sosilasi bersama Dinas Kelautan perikanan ( DKP) Wakatobi dengan melibatkan Kepala Desa, lurah, Camat dengan tujuan supaya daftarkan masyarakatnya yang sudah memiliki kartu nelayan dan belum memiliki sertifikat tanah.

Sementara itu Pelaksanaan Tugas ( Plt) Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Wakatobi, Mulyanto, mengatakan kegiatan sosialisasi Sehat merupakan langkah Pemkab Wakatobi untuk mensejahterakan masyarakat khususnya nelayan dalam mengembangkan usahanya masing-masing.

“Ada beberapa program Kementerian yang sudah berjalan sampai saat ini di Wakatobi. Salah satunya kami berkoordinasi membantu para nelayan supaya mereka memiliki sertifikat tanah sendiri,” ujar Muliyanto.

perlu diketahui, selain bagian Direktorat Perikanan tangkap, hadir pula di Wakatobi Direktorat Perikanan budidaya, Direktorat peningkatan daya saing, Badan pengembangan sumberdaya masyarakat Kelautan dan perikanan dan Direktorat penataan ruang laut. Dalam rangka mensukseskan kegiatan GTRA Sumit 2022. (Tribunbuton.com/Din)