TERKAIT ISU PENGHENTIAN KEGIATAN TRANSPORTASI LAUT JELANG LEBARAN, INILAH PENJELASAN KEPALA SAHBANDAR WAKATOBI

161
Arman Saleh, Kepala Sahbandar Wakatobi

WAKATOBI, TRIBUNBUTON

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M. Sejumlah warga Wakatobi khususnya pulau Tomia yang bekerja di pulau Wangi-Wangi sebagai pusat pemerintahan. Merasa pesimis untuk bisa pulang berlebaran bersama keluarga di kampung.

Hal itu dikarenakan adanya pemberlakuan aturan pemerintah dimasa pandemi Covid-19 yang tidak memperkenankan adanya kegiatan mudik lebaran. Terhitung sejak 6 – 17 Mei 2021. Hal itu dimaksudkan untuk menekan penyebaran virus yang telah menelan puluhan ribu korban jiwa.

“Memang tidak ada liburan panjang jelang lebaran ini, karena liburnya hanya sehari. Andai situasi memungkinkan, saya berencana minus dua hari lebaran pulang shalat ied di kampung, di Tomia. Namun ada informasi jika sejak 6 – 17 Mei 2021 tidak ada lagi kapal laut yang beroperasi dikarenakan ada himbauan pemerintah untuk menghentikan kegiatan pelayaran selama rentan waktu dimaksud,” ungkap Maman, warga pulau Tomia di Wangi-Wangi Kamis (6/5/2021).

Artikel Menarik Lainnya :  ALIANSI MASYARAKAT TOMIA TOLAK PAVING BLOCK, MINTA ASPAL HOTMIX

Kepala kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) wilayah Wanci Kabupaten Wakatobi, Arman Saleh, mengatakan pihaknya sebagai instansi pelayanan tetap membuka pelayanan kepelabuhanan. Hal itu sesuai dengan regulasi pengendalian transportasi selama lebaran. Serta kesepakatan sejumlah pihak dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19.

“Sahbandar tetap melakukan pelayanan kepalabuhanan. Yang ditiadakan adalah kegiatan mudiknya, bukan peniadaan transportasinya. Transportasi tetap ada melayani pelaku perjalanan yang dikecualikan dalam surat edaran satgas Covid-19 nasional,” kata Arman Saleh, di Wangi-Wangi (6/5/2021).

Menurut Kepala UPP wilayah Wanci Kabupaten Wakatobi, kegiatan transportasi harus tetap berjalan. Guna mendukung arus distribusi logistik sebagai kebutuhan utama masyarakat Wakatobi sebagai daerah kepulauan.

Artikel Menarik Lainnya :  MAN 1 WAKATOBI GELAR SYUKURAN DAN DZIKIR MENYAMBUT TAHUN BARU ISLAM

“Justru dimasa sekarang jelang lebaran, transportasi laut sangat penting untuk mensuplai logistik warga Wakatobi. Kita ketahui bersama bahwa Wakatobi ini daerah kepulauan dimana sejumlah kebutuhan penting didatangkan dari luar Wakatobi,’ ucap Arman Saleh.

Hanya saja kata Arman Saleh, warga yang hendak bepergian dalam rentan waktu 6 – 17 Mei 2021 ini. Harus melengkapi diri dengan berbagai dokumen yang disarankan pemerintah dan satgas Covid-19.

“Bagi warga Wakatobi yang ingin menyebrang dari pulau satu ke pulau lainnya dalam wilayah Wakatobi, bahkan keluar Wakatobi. Syahbandar tetap melakukan pelayanan. Karena dalam rentan waktu yang ditentukan itu pasti ada saja abdi masyarakat yang melakukan perjalanan dinas sebagai upaya melayani masyarakat,” tutup Arman Saleh. (Duriani)

Komentar Anda