DISNAKER GELAR PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

60
Prosesi Gunting Pita oleh Bupati Buton, Drs La Bakry di Kantor BLK Buton, Sulawesi Tenggara. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIBUNBUTON.COM

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buton, bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Provinsi Sultra, menggelar Pelatihan berbasis kompetensi non institusional. Kegiatan tersebut diresmikan dan dibuka langsung oleh Bupati Buton, Drs La Bakry di Kantor BLK, belakang Eks Kantor Bupati Buton, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, 8 Maret 2021.

Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan pada masyarakat pencari kerja agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif, kompeten dan berdaya saing sehingga mampu membuka lapangan kerja sesuai dengan perkembangan pasar kerja.

Artikel Menarik Lainnya :  JELANG HUT RI, FPMM SULTRA GELAR TIGA KEGIATAN

“Dengan adanya UPTD BLK Buton ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam rangka mengatasi pengangguran dan sekitarnya, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” tuturnya.

Pihaknya menambahkan, dengan adanya sinergitas tersebut masalah pengangguran di Kabupaten Buton dapat diatasi secara bertahap dan progresif. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, selain mendorong didirikannya UPTD BLK Buton, Pemda Buton juga sudah melakukan berbagai upaya terobosan untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya diantaranya adalah mengangkat Asbuton menjadi primadona di negeri sendiri.

Selain itu, Pemda Buton juga telah membangun sentral perikanan terpadu, sektor pertanian melalui program palanisasi dan penanaman kelapa, pemberian bantuan stimulan dan sektor prioritas lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  PENYALURAN BLT-DD TAHAP 2 DESA WANGUANGU

“Hal ini sesuai dengan visi saya dan Wakil Bupati selama 5 tahun yaitu terwujudnya Kabupaten Buton sebagai kawasan bisnis dan budaya terdepan,” teragnya.

Pihaknya berharap, melalui pelatihan BLK ini para peserta dapat memperoleh lowongan pekerjaan yang tersedia di pasar kerja ataupun mampu membuka wirausaha sendiri. Selain itu, melalui pembukaan pelatihan ini dapat meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. (Ilw)

Komentar Anda