DANREM 143 UHO: LIBATKAN PEMUDA JAGA KEAMANAN WILAYAH BUTUR

195
Danrem 143 UHO, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan menandatangani Prasasti Peresmian Kodim 1429 Butur didampingi istrinya Ny Vera Jannie Aldrin Siahaan (kiri) dan Bupati Butur, Abu Hasan (Kopiah Hitam). FOTO: ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM

Komandan Korem (Danrem) 143 Haluoleo (UHO), Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, menginstruksikan Kodim 1429 Kabupaten Buton Utara (Butur) agar melibatkan pemuda menjaga keamanan teritorial wilayah. Generasi muda harus mampu menerima tanggungg jawab menjaga keamanan lingkungan, bangsa dan negaranya.

Hal mendasar yang harus dimiliki oleh generasi muda adalah kontribusinya mengisi kemerdekaan. Mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional, Karena pemuda memiliki peran dalam sejarah Indonesia. Dimulai dari sejarah perjuangan kemerdekaan hingga sampai pada fase mengisi kemerdekaan dan mengawal keutuhan bangsa.

“Pa dandim tolong lakukan pembinaan kepada generasi muda Butur. libatkan mereka dalam keamanan teritorial sebab energi anak muda memerlukan program bela negara untuk kedaulatan rakyat. Pemuda juga selalu siap untuk maju kedepan jika ternyata pemegang amanat rakyat tidak menjalankan amanatnya dengan baik,” ungkapnya saat meresmikan kodim 1429 Butur, Selasa 22 September 2020.

Artikel Menarik Lainnya :  DOSEN UNIDAYAN BAUBAU SOSIALISASI DI BUTUR

Ia mengatakan pembentukan Kodim 1429/Butur, merupakan salah satu upaya TNI untuk menghadapi
kompleksitas tantangan tugas di wilayah Butur. Satuan yang terletak di Ereke ini merupakan Kodim ke – 5 dari Korem 143/Halu Oleo. Korem 143/Halu Oleo memiliki 5 Kodim dan 1 Satuan Tempur yaitu Batalyon Infanteri 725/Woroagi, memiliki tugas pokok untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 2 Kota dan 15 Kabupaten.

“Ini tentu hari yang bersejarah bagi kita semua, bahkan menjadi catatan sejarah bagi TNI AD, karena berkat tekad dan keinginan yang kuat dari masyarakat dan pemerintah daerah kini berdiri tegak dan kokoh Satuan Teritorial yang menjadi kebanggaan kita semua,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  ABU HASAN TANDA TANGANI NOTA KESEPAKATAN BERSAMA DENGAN DPRD BUTUR

Jannie menambahkan, di masa depan pemudalah yang menentukan arah, membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar, kuat, tangguh, memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif, dan bangsa yang senantiasa diperhitungkan di dunia internasional. Generasi muda harus memahami peranan dan kedudukannya dalam mempertahankan negara.

“Saya harap agar seluruh lapisan bahu membahu dan membulatkan tekad serta dapat bekerja sama dengan baik demi keutuhan NKRI yang kita cintai ini,” jelasnya. (m1)

Komentar Anda