BANK BELUM BISA MENAGIH SELAMA CORONA MEWABAH

934
La Ode Satria M

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Pihak bank belum bisa melakukan penagihan kepada konsumen (nasabah) selama Coorona Virus Disease ( covid-19) mewabah. Persoalan Covid-19 sebagai bencana non alam tidak hanya mengancam kelangsungan hidup manusia namun juga mengancam pada kematian.

Aktivis Pemerhati Corona Virus Disease (Covid-19) Kepulauan Buton Pimpinan La Ode Satria M, menjelaskan kebijakan presiden dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No.1/2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pademi Covid-19 baru diteken Presiden RI Joko Widodo tanggal 31 Maret 2020. Pihak perbankan belum bisa menagih kepada konsumen untuk saat ini.

“Mengingatkan kepada pihak bank di Kota Baubau agar dapat melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat,” jelas Satria via rilis.

Sesuai  peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.11/POJK.03 tentang stimulus perekonomian nasional sebagai kebijakan countercyclical dampak penyebaran coronavirus disease 2019. Alumni mahasiswa Unidayan mengkhawatirkan dalam kondisi darurat ini ada yang mencoba memanfaatkan situasi.

Lembaga Pemerhati Covid -19 akan selalu mengawasi dan memantau pelaksanaan kinerja bank  di Kota Baubau dalam kondisi darurat. Situasi darurat masyarakat dibatasi ruang geraknya sehingga berdampak pada perputaran perekonomian.(*)