SIKAPI CORONA, MARI BERKEBUN SAYUR DI RUMAH

884
BERTANAM SAYURAN DI TENGAH WABAH COVID 19. Andy Nursin bersama penggiat petani milenial di Kota Kendari beberpa waktu lalu. FOTO:IST/TRIBUNBUTON.COM
  • Andy Nursin: Kebutuhan Pangan Tetap Akan Melonjak di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

LABUNGKARI, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Merebaknya wabah Corona Virus Disease (Covid 19), perlu disikapi dengan bijak. Salah satunya melalui penguatan pangan lokal di rumah masing-masing.

Ketua Umum Lembaga Pemerhati Pekarangan Tanaman Ternak dan Nelayan Buton Tengah, Drs Andy Nursin MSi, menjelaskan akan ada peningkatan kebutuhan beberapa bulan ke depan. Diprediksi kebutuhan akan meningkat pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Suka tidak suka, mau tidak mau seiring waktu berjalan akan ada evek atas terhentinya beberapa aktivitas warga dihampir setiap lokasi dan jenis pekerjaan,” jelasnya via Whatsap.

Artikel Menarik Lainnya :  RSUD BUTENG DIKECAM, BIARKAN BAYI SAMPAI MENINGGAL

Terkait ini, Andy Nursin mengusulkan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama bahu-membahu dengan warga di desa dan utamanya di kota untuk memanfaatkan waktu di rumah dengan menanam sayuran, ubi, cabe, terung, tomat, dst. Dia menilai langkah ini dapat mengurangi kejenuhan menunggu situasi normal sambil menunggu panen.

Waktu panen tanaman sayuran menurut Andy Nursin tidak membutuhkan waktu lama. Misalnya kangkung cabut hanya membutuhkan waktu 18 hari, cabe tiga bulan, dan ubi yang semuanya merupakan tanaman jangka pendek.

Artikel Menarik Lainnya :  MERAWAT WARISAN BUDAYA, PO-5 MENGGEMA

“Minimal bisa dikonsonsumsi bersama keluarga di rumah,” jelas Andy.

Media tanam dan cara bertani saat ini sudah berkembang pesat untuk mengatasi masalah lahan sempit. Ada sistim hidroponik, polibag, dsb.

Untuk menghindari melonjaknya kebutuhan pangan warga, Dinas Kemakmuran terkait sudah harus mengambil langkah kongkrit. Misalnya membagikan polibag, bibit, pupuk dst kepada warga.

Minimal ada sayuran kangkung setiap rumah 10 polibag, cabe 10 pohon, ubi jalar 10 pohon. Namun jika dilaksanakan secara bersama-sama, langkah ini akan bisa membantu dari segi ekonomi untuk pengeluaran harga kebutuhan sayuran. (*)

Komentar Anda