MAHFUD MD: WAWASAN KEBANGSAAN ADALAH GEOPOLITIK

485
Mahfud MD

 

KENDARI, TRIBUNBUTON.COM (Bintang Saliki)

Bangsa Indonesia berada di Gugusan Pulau Nusantara dengan jumlah pulau terbanyak ke-6 di dunia. Terdapat 17.504 pulau dengan 16.056 memiliki nama baku di PBB tahun 2016.

Hal ini diungkapkan Menkopolhukam, Mahfud MD dalam Dialog Kebangsaan bertajuk “Radikalisme” di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin 2 Maret 2020. Indonesia kata dia, memiliki 1.360 suku bangsa dan 726 bahasa daerah.

“Tidak ada hafal pasti semua nama pulau itu di sini, termasuk saya Menkopolhukam, saya juga tidak hafal,” ujar Mahfud.

Artikel Menarik Lainnya :  YAN SULTRA: ATAS NAMA POLDA SULTRA SAYA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF

Secara lebih ilmiah, wawasan kebangsaan atau wawasan nusantara dalam hubungan internasional disebut geopolitik. Geopolotik adalah satu sistem dan aturan-aturan yang berlaku bagi satu bangsa yang terdiri dari daerah geografis dan kumpulan masyarakat (demografis) yang tunduk pada aturan tertentu.

Makanya Mahfud mengatakan berbicara wawasan kebangsaan sama dengan berbicara wawasan nusantara. Yaitu kumpulang orang yang berada di 17.504 pulau yang bersatu karena nasib dan tujuan yang sama.

Artikel Menarik Lainnya :  SHALAT JUMAT DI MASJID AL ALAM SEPI

Nusantara kata Mahfud MD, memiliki sistem dan aturan dan berada di belahan bumi tertentu dan memiliki aturan hukum. Inilah kemudian disebut Indonesia yang secara budaya dan sosiologis disebut nusantara.

“Saya orang Madura tapi saya tidak bisa dikatakan orang Jawa karena saya suku Madura, tapi kita semua tetap bisa dikatakan sebagai orang Indonesia, itulah geopolitik kita,” Kata Mahfud.(#)

Editor Yuhandri Hardiman

Komentar Anda