SILATURAHMI, KKST KALSEL DIMINTA DUKUNG PEMEKARAN KEPTON

629
Ketua Paguyuban KKST Kalsel menyerahkan cinderamata kepada Wali Kota Baubau AS Tamrin. FOTO: TRIBUNBUTON.COM
  •  As Tamrin Ungkap Hal yang Bisa Menghambat Pemekaran

BANJARMASIN, TRIBUNBUTON.COM (ALYAKIN)

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, bersilaturahim dengan Keluarga Paguyuban Kerukunan Sulawesi Tenggara (KKST) Kalimantan Selatan di Pondok Wisata Tambak Yuda, Minggu 9 Februari 2020. Dalam kesempatan itu walikota meminta KKST dukung pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (KEPTON).

Menurut AS Tamrin, kekompakan dapat mewujudkan percepatan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Sebab jika gontok-gontokan, AS Tamrin meragukan Provinsi Kepton bisa terbentuk.

“Kita harus kompak karena jika kita saling gontok-gotokan maka tidak akan jadi. Saya ragu itu bisa terwujud,” ujarnya.

Potensi Kepulauan Buton kata AS Tamrin sangat mencukupi semua, letaknya strategis dan mendapat dukungan masyarakat. Hanya saja kata AS Tamrin, saat ini masih ada moratorium, belum bisa ada pemekaran.

Pada kesempatan itu, Dr H AS Tamrin MH
menyampaikan ucapan terimakasih kepada KKST yang perhatian terhadap implementasi PoLima. “Saling menghargai, kami diundang maka kami datang untuk menghargai. Po itu adalah timbal balik, saya senang selama bincang-bincang dengan keluarga kita di sini, rukun saja,” ujar As Tamrin.

Foto bersama usai kegiatan. FOTO: TRIBUNBUTON.COM

Orang nomor satu di Kota Baubau merasa bangga, senang, terharu juga bersyukur karena bisa berjumpa dengan masyarakat Kepton yang sudah lama terpisah. Semua menjadi hikmah dan spirit, karena meskipun belum sempat ke Baubau, hal ini bisa menimbulkan kesan seperti di kampung halaman.

Di tempat yang sama, Sultan Buton, dr H La Ode Muhammad Izat Manarfa, menyampaikan Kota Baubau merupakan kota yang istimewa. Ia pun mengajak agar warga Paguyuban KKST Kalsel untuk mendukung Provinsi Kepton.

“Masyarakat Buton boleh merantau tapi jangan lupa kampung,” katanya.

Ketua Paguyuban KKST Banjarmasin, AKP Abdulrahman Putu dalam sambutannya, menjelaskan Payugubang KKST di Banjarmasin dibentuk sejak tahun 1980. Anggotanya berjumlah kurang lebih 200 orang.

Turut hadir pada kegiatan itu, istri Wakil Wali Kota Baubau, Sekda Baubau Roni Muchtar, Sejumlah SKPD Kota Baubau, Sultan Buton, dr H La Ode Muhammad Izat Manarfa, pengurus PWI Baubau dan pengurus PWI Sultra. Ketua PWI Sultra, Sarjono, di akhir acara menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan dukungan warga KKST Kalsel selama kegiatan HPN dari galadiner, bedah buku, sampai silaturahmi dengan Walikota Baubau.

Silaturahmi berlangsung santai ditutup dengan goyang dangdut. Warga tambah antusias dengan goyang Rusiana Kalambe Binongko.(*)