MENTERI PMK: KUNCI KEBUDAYAAN ADALAH TOLERANSI

463
Menko PMK RI Muhadjir Effendi, Saat menjelaskan kunci kebudayaan pada dialog budaya dalam rangkaian FKN 2020 di Banjarmasin. (FOTO:YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

BANJARMASIN, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendi, mengapresiasi anugerah kebudayaan yang diselenggarakan PWI Pusat pada HPN 2020 di Banjarmasin. Pembangunan kebudayaan dinilai sebagai cermin kepribadian bangsa.

Muhadjir menjelaskan, manusia adalah satu-satunya mahluk di muka bumi yang bisa berbudaya. Sebab manusia memiliki akal budi karena letak budaya berada dalam alam pikiran setiap orang, budaya lahir dari individu dan terbangun secara kolektif.

“Jangan diartikan bahwa budaya itu hanya seni. Seni itu adalah sebagian kecil dari budaya, lebih besar dari itu adalah nilai-nilai budaya,” katanya pada pada acara Dialog Kebudayaan bersama 10 bupati dan walikota penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat di Hotel Mercure Banjarmasin.

Setiap daerah di Indonesia, kata dia, memiliki budaya masing-masing. Namun budaya bisa mempersatukan bangsa dengan berlandaskan nilai Pancasila.

“Kunci nilai budaya itu apa? Kuncinya adalah toleransi. Dengan toleransi maka akan melahirkan rasa saling menghargai dan menghormati. Nilai ini dapat diekspresikan dengan cara berbeda dimasing-masing daerah,” katanya.(*)