CUACA BURUK, DISHUB HIMBAU PEMILIK SPEED DAN KAPAL UTAMAKAN KESELAMATAN BERLAYAR

434

 

BAUBAU, TRIBUN BUTON (M.S.A)

Kondisi cuaca yang tidak menentu serta angin dan gelombang yang mulai tinggi. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau berikan peringatan dan himbauan kepada pemilik dan operator kapal Speed Boat maupun Kapal antar pulau yang berada di Pelabuhan Batu Kota Baubau agar selalu memperhatikan keselamatan berlayar

Selain itu juga wajib mengantongi surat izin kelaikan berlayar. Serta dilakukan pemeriksaan  terhadap armada angkutan umum speedboad dan kapal motor yang akan berlayar mengangkut penumpang antar pulau.

Kepala Dinas (Kadis) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau LM Taufik Saidi melalui Kepala Bidang Pengembangan Dan Keselamatan Dishub Kota Baubau M. Nuzul Rahmat Idrus menyampaikan, memasuki musim penghujan disertai angin seperti saat ini, pihaknya akan selalu mengawasi serta melakukan himbauan khususnya di beberapa pelabuhan rakyat Jembatan Batu, pelabuhan Sulaa, dan pelabuhan Tarafu.

“Kami selalu berkordinasi dengan pihak BMKG untuk memastikan kondisi cuaca “, tuturnya ketika di temui di ruangannya Senin 20 Januari 2020.

Dia juga menambahkan, kepada para pemilik/Nakhoda Kapal Motor yang beroperasi untuk dapat memperhatikan keselamatan selama pelayaran. Dia juga mengaku, telah melakukan sosialisasi kepada pemilik kapal tentang antisipasi dan Keselamatan dalam pelayaran beberapa waktu lalu.

“Melaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat surat kapal serta kelayakan kapal untuk berlayar. Dalam kegiatan tersebut, petugas Dishub juga memeriksa kelelengkapan alat keselamatan di kapal serta mesin kapal. Ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 17 tahun 2008”, tutupnya.