SEKDA BAUBAU: PEMBANGUNAN DI 2021 “VULGAR”

459
Sekda Kota Baubau, Rony Muchtar, memimpin rapat pembangunan bersama Kepala OPD lingkup Kota Baubau. FOTO: YUHANDRI HARDIMAN/TRIBUNBUTON.COM

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

SEKDA Kota Baubau, Dr Roni Muchtar, mengungkapkan Kota Baubau akan menerapkan cara pandang baru dalam melakukan pembangunan. Termasuk di dalamnya, penganggaran, penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Pembangunan di tahun 2021, Pemkot Baubau akan lebih vulgar,” jelasnya pada rapat pembangunan di hadapan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Aula Sekretariat Daerah, Selasa 21 Januari 2021.

Dia menjelaskan, musrembang akan digelar di awal tahun 2021. Menurut dia, Pemkot Baubau ingin lebih serius merencanakan pembangunan di 2021.

Untuk itu semua butuh data untuk membentuk gagasan untuk konsep pembangunan. Dinas Kominfo sebagai pusat data untuk mensinkronkan gagasan misalnya jika ada investor masuk, dst.

Gagagasan yang dimaksud kata Roni harus ditindak lanjuti. Maksudnya gahasan dibahas dan diperdebatkan, bukan masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Pembangunan itu kata Rony Muchtar adalah sistematis, spasial, holistik (Stik) membangun infrastruktur pertanian, lalu bagaimana pelatihannya untuk meningkatkan kapasitas petani. Nah di sini Dinas PU bisa melihat bagaimana konsep pembangunan, jika besar manfaatnya maka boleh dianggarkan.

Untuk itu, setiap pembangunan harus melalui perhitungan yang mantap. “Jika perhitungan kita mantap, maka kita tidak selalu dihadapkan dengan persoalan gorong.(***)