HPN 2020 BANJARMASIN “BERKAITAN” DENGAN CALON IBUKOTA NEGARA

1015
  •  Auri Jaya: Banjarmasin Pintu Gerbang Calon Ibukota Negara

JAKARTA, TRIBUNBUTON.COM, Yhd

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2020 menyatakan kesiapannya menyelenggarakan HPN di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun disampaikan jika kegiatan HPN Banjarmasin ini sedikit berbeda dengan HPN sebelumnya.

Ketua HPN 2020, Auri Jaya, menjelaskan direncanakan HPN 2020 sebelumnya bukan di Banjarmasin. Tuan rumah HPN di Banjarmasin menurut dia baru ditunjuk setelah dua daerah lain tidak bersedia.

“Tapi apapun itu kita harus menjalankan peringatan HPN karena ini adalah satu-satunya momentum bagi masyarakat pers Indonesia untuk menggelar event tahunan ini sebaik mungkin saya kira sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Auri Jaya mengatakan ada momentum baru pada penyelenggaraan HPN 2020 di Banjarmasin. Dalam beberapa bulan terakhir ini, Presiden RI Joko Widodo, menetapkan akan memindahkan ibu kota negara ke Penajam Kalimantan Timur.

“Jadi HPN ini juga dikaitkan dengan perpindahan ibu kota negara ke Penajam Kalimantan Timur dan akan dikemas bagaimana hubungannya dengan Banjarmasin,” ujarnya.

Banjarmasin atau Kalimantan Selatan lokasinya berdekatan dengan Penajam. Ketua Panitia HPN tiga tahun berturut-turut ini mengatakan Banjarmasin sebagai pintu gerbang ibu kota negara supaya benar-benar bisa mengimbangi ibukota negara.

HPN merupakan momen yang baik untuk masyarakat pers di daerah. Karena akan ada empat acara utama yang akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam forum bisnis dan investasi diupayakan sebagai tonggak sejarah baru bagi provinsi dalam membangun daerahnya untuk mempromosikan potensi daerah kepada investor. Temu investasi nantinya akan dikemas dalam bentuk yang berbeda.

Forum konvensi, diharapkan ada sesuatu yang baru, karena masyarakat pers bisa menjadi peserta da pengamat investasi. Lalu kemudian bisa berada dan menjadi pengamat di forum konvensi.

Kemudian ada forum milenial yang nantinya akan menampilkan staf khusus presiden yang milenial. Keempat, akan digelar forum teknologi, work shop dan peluang. Karena teknologi nantinya akan menjadi tantangan baru.(***)